Mengenal Swab Antigen dan Bagaimana Keakuratan Hasilnya

Mengenal Swab Antigen dan Bagaimana Keakuratan Hasilnya

Swab Antigen Swab PCR 

Mengenal Swab Antigen dan Bagaimana Keakuratan Hasilnya

Swab antigen belakangan ini muncul namanya karena kasus covid-19 yang belum ada habisnya. Semua orang wajib melakukan tes supaya menghindari penyebaran virus tersebut. Inilah yang akan menjadi faktor penurunan angka penderita corona.

Tapi sayangnya masih belum banyak orang tahu detailnya dan menyamakan dengan tes corona lain. Padahal ada beberapa langkah tes serta uji coba berbeda. Jadi, tidak dapat disamakan dengan PCR atau tipe lainnya.

Cara Kerja Swab Antigen dan Metodenya

Swab satu ini sering disebut juga sebagai tes usap atau tes diagnostik. Tentu saja akan dilakukan oleh petugas medis ahli sehingga hasilnya dapat dipercaya. Terlebih mereka semua termasuk pekerja medis berpengalaman.

Untuk cara kerjanya sendiri cenderung mudah dipahami. Di mana dari awal kita perlu mencari tahu protein khusus dalam virus corona. Ini yang dianggap menjadi penyebab munculnya covid-19 pada tubuh.

Untuk antigen sendiri merupakan zat yang dapat merangsang imun dalam tubuh. Terutama berupa protein, polisakarida dan sebagainya. Makanya dijamin ampuh mendeteksi virus pandemi seperti covid-19.

Pada orang yang terkena virus, bakal mengeluarkan suatu efek khusus. Contoh yang paling jelas adanya tubuh mengeluarkan protein unik. Ini yang nantinya bakal dijadikan sebagai penentu terkena atau tidaknya corona.

Perlu Anda ketahui kapan pada dasarnya virus corona punya beberapa antigen. Di mana nantinya masih cenderung mudah dideteksi. Apalagi akan langsung diobati dengan langkah yang sudah dibuat petugas kesehatan.

Nantinya metode tes memang sama sekali tidak sulit. Tidak butuh darah melainkan hanya sampel pada cairan pernapasan. Terutama bagian lendir dalam hidung dan tenggorokan sehingga terbilang ampuh.

Pengambilan sampel ini sendiri memakai alat berupa cotton bud. Tenang saja karena tidak sakit, ditambah alat tersebut bersih dan lembut. Apalagi memang dibuat khusus mengambil sample pada bagian sulit.

Nantinya dalam memulai tes, maka akan dimasukkan dalam suatu cairan. Selanjutnya tinggal menunggu dan melihat ada atau tidaknya reaksi antigen. Jika terdapat reaksi, maka artinya terkena covid-19.

Hasil Tes dan Akurasi Swab

Swab Antigen Swab PCR

Antigen sendiri sudah termasuk tes yang sangat disukai oleh masyarakat. Sebab utamanya cukup jelas karena termasuk terjangkau, bahkan seringkali gratis. Selain itu lebih cepat dengan pelayanan yang maksimal.

Nantinya dalam waktu 1 jam saja pasti sudah jadi hasil tes tersebut. Terlebih palingan hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Untuk orang yang sudah dites, bisa langsung tahu kondisi kesehatan saat itu.

Tapi sebenarnya antigen bisa juga memakan waktu sampai 2 jam atau lebih. Hal ini masih tergantung dengan banyaknya orang yang sedang diperiksa mengantri waktu itu. Makanya perlu bersabar karena bukan hanya satu orang yang diperiksa.

Proses atau metode yang digunakan akan sangat akurat. Tapi Anda harus tetap hati-hati apabila reaksi virus masih minim padahal sudah terinfeksi. Ternyata masih bisa saja terdeteksi sebagai negatif.

Nantinya jika tidak terdeteksi secara jelas, kemungkinan besar bisa semakin parah. Makanya pemerintah menyarankan warganya supaya harus tahu gejala corona. Terutama agar mampu memperhatikan kondisi diri sendiri.

Mungkin Anda juga bisa mencoba swab PCR yang bisa dibilang tes lebih akurat dibanding antigen. Nantinya meski infeksi corona belum parah, dapat terdeteksi dengan baik. Ditambah lagi ada kemampuan diagnosis sangat tepat.

Tidak masalah mengeluarkan banyak biaya dalam melakukan swab tersebut. Terlebih lagi kesehatan diri sendiri dan sekitarnya harus menjadi prioritas. Terutama supaya dapat melakukan kegiatan atau aktivitas seperti biasa.

Sampai sekarang masih banyak juga orang yang melakukan tes secara mandiri. Padahal ada banyak hal yang tidak diketahui sehingga berakhir dengan kesalahan. Jadi, akan lebih baik jika swab antigen pada pihak ahlinya saja.

Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon : 0811-6131-718

WhatsApp : 0811-613-1718

Reservasi Online : Klik Disini