Misetoma

misetoma - Misetoma

Definisi

Apa itu Misetoma?

Misetoma merupakan salah satu penyakit jamur kulit kronik supuratif, dan granulomatosa yang dapat disebabkan bakteri Actinomyces dan Nocardia yang termasuk Schizomycetes dan Eumycetesatau jamur berfilamen. Meski bisa menyerang seluruh bagian tubuh, namun bagian yang paling sering terjangkit adalah kaki, tangan, dada, kepala dan juga leher. Misetoma merupakan suatu syndrome yang diidentikkan dengan tumor dan sinus yang mengeluarkan pus (nanah). Misetoma sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni Bacterial mycetoma (disebabkan oleh bakteri dan dikenal sebagai Actinomycetoma) dan fungal mycetoma (disebabkan oleh fungi dan dikenal sebagai Eumycetoma).

Inilah beberapa Jenis fungi yang menjadi penyebab misetoma (mycetoma) :

• Eumycotic mycetoma (granule color)
  • Acremonium falciforme (white)
  • Acremonium recifei (white)
  • Aspergillus nidulans (white)
  • Exophiala jeanselmei (black)
  • Leptosphaeria senegalensis (black)
  • Madurella grisea (black)
  • Madurella mycetomatis(black)
  • Neotestudina rosatii (white)
  • Pseudallesheria boydii (white to yellow)

Tanda dan Gejala

Gejala klinis biasanya terdiri atas pembengkakan, abses, sinus dan fistel multiple. Di dalam sinus ditemukan butir butir (granules) yang berpigmen yang kemudian dikeluarkan melalui eksudat. Selain itu lesi kulit yang sirkumskrip dengan pembengkakan seperti tumor jinak dan disertai butir-butir. Inflamasi dapat menjalar dari permukaan sampai ke bagian dalam dapat menyerang subkutis, fasia, otot, dantulang. Sering berbentuk fistel yang mengeluarkan eksudat.

Pengobatan

Pengobatan umum yang biasa dilakukan pada penderita misetoma adalah dengan operasi, Ketoconazole, Itraconazole, dan amputasi. Mycetoma disebabkan oleh fungi yang biasanya resisten terhadap kemoterapi. Bila terapi ini dilakukan akan menggunakan tempo waktu yang cukup panjang. Karenanya, amputasi biasanya merupakan langkah terakhir yang dilakukan.