Mycoplasma Genitalium

Mycoplasma Genitalium Klinik Atlantis

Pengertian

Mycoplasma Genitalium atau MG tidak sama dengan Ebola yang merupakan jenis penyakit baru dan berbahaya. Penyakit ini sebenarnya muncul pertama kali pada tahun 1980-an di Amerika dan Inggris. Kemunculannya selalu terjadi pada saat musim panas sehingga gangguan ini sering disebut sebagai wabah musim libur. (Musim panas selalu identik dengan musim libur di negeri 4 musim).

Mycoplasma genitalium adalah bakteri yang menyerang sistem reproduksi baik pada pria dan wanita. Sekilas penyakit ini hampir mirip dengan penyakit seks umum yang dialami masyarakat. Namun, penyebarannya bisa berjalan dengan cepat sehingga bisa menyebabkan pandemi di lingkungan masyarakat.

Pada pria, tanda dari mycoplasma genitalium terlihat dengan jelas setelah infeksi terjadi. Pria akan sering merasakan sakit pada saluran kencing. Rasa sakit yang disertai juga dengan rasa panas ini muncul saat buang air kecil. Selain itu pria juga sering sakit saat mengalami ejakulasi atau saat ereksi.

Tanda mycoplasma genitalium pada wanita juga mirip sekali saat mereka mengidap klamidia. Area panggul akan mengalami infeksi, terjadi perdarahan di antara siklus menstruasi, demam tinggi secara tidak normal, dan adanya cairan berbau busuk yang keluar seperti keputihan patogen.

Faktor Penyebab

Faktor penyebab mycoplasma genitalium adalah adanya cairan patogen menular seksual yang muncul yang terlibat dalam uretritis pada pria dan beberapa sindrom saluran reproduksi inflamasi pada wanita termasuk servisitis, penyakit radang panggul (PID), dan infertilitas.

Tinjauan komprehensif ini secara kritis meneliti studi epidemiologi infeksi M. genitalium pada wanita dengan tujuan menilai hubungan dengan penyakit saluran reproduksi dan meningkatkan kesadaran patogen yang muncul ini. Lebih dari 27.000 wanita dari 48 laporan yang diterbitkan telah diskrining untuk infeksi mycoplasma genitalium urogenital pada populasi beresiko tinggi atau rendah di seluruh dunia dengan prevalensi keseluruhan masing-masing 7,3% dan 2,0%.

Mycoplasma genitalium hadir pada populasi umum pada tingkat antara Chlamydia trachomatis dan Neisseria gonorrhoeae. Mempertimbangkan lebih dari 20 penelitian tentang peradangan saluran bawah, mycoplasma genitalium telah dikaitkan secara positif dengan uretritis, keputihan, dan tanda-tanda mikroskopis servisitis dan/atau keputihan mukopurulen dalam tujuh dari 14 penelitian.

Definisi kasus servisitis yang konsisten masih kurang dan akan diperlukan untuk pemahaman yang komprehensif dari asosiasi ini. Yang penting, bukti untuk PID mycoplasma genitalium dan infertilitas cukup meyakinkan dan menunjukkan bahwa proporsi yang signifikan dari peradangan saluran atas dapat dikaitkan dengan patogen yang sulit dipahami ini. Secara kolektif, mycoplasma genitalium sangat lazim pada populasi beresiko tinggi dan rendah, dan harus dianggap sebagai agen etiologi dari sindrom penyakit saluran reproduksi tertentu pada wanita.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022