Neisseria Meningitidis (Meningitis)

Neisseria Meningitidis Meningitis - Neisseria Meningitidis (Meningitis)

Definisi

Apa itu Neisseria Meningitidis?

Neisseria meningitidis merupakan bakteri gram-negatif penyebab penyakit meningitis (meningokokus) dan meningococcemia. Penyebaran bakteri ini umumnya melalui pernapasan atau respirasi. Endotoksin yang dihasilkan Neisseria Meningitidis dapat masuk ke dalam pembuluh darah dan menyebabkan pendarahan akibat kerusakan pembuluh darah. Bakteri ini adalah patogen pada manusia dan biasanya ditemukan bergabung atau di dalam sel polimorfonuklear. Meningitis masuk ke dalam tubuh lewat traktus aspiratorius bagian atas dan berkembang biak dalam selaput nasofaring. Penyebaran meningokokus lewat aliran darah mengakibatkan terjadinnya lesi metastetik di berbagai tempat di badan, misalnnya kulit,selaput otak, persendian dan paru-paru.manifestasi kliniknnya tergantung kepada lokasi metastasis.

Penyebab

Seperti disebutkan di atas, Meningitis disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis. Bakteri menyebar melalui pernapasan dan sekresi tenggorokan (batuk, berciuman). Melindungi diri dengan menjaga kebersihan penting dilakukan. Adapun penyebab lain adalah jamur, parasit, bahan kimia, obat-obatan, dan tumor.

Tanda dan Gejala

Biasanya orang yang terserang meningitis akan mengalami beberapa tanda atau gejala umum seperti berikut :

• Sakit kepala berat tak henti-hentinya
  • Linglung
  • Muntah
  • Leher kaku

Jika mengalami beberapa hal tersebut diatas segeralah cari perawatan medis untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

Pengobatan dan Pencegahan

Pengobatan untuk meningitis tergantung pada penyebabnya. Untuk infeksi virus, dokter akan mengobati gejala dan menunggu untuk infeksi untuk sembuh dengan sendirinya. Untuk infeksi bakteri, pasien mungkin harus opname di rumah sakit agar dapat dipantau oleh dokter dan perawat. Pengobatan biasa termasuk terapi antibiotik melalui infus, minum banyak cairan, dan istirahat. Antibiotik digunakan untuk mengobati bakteri radang selaput otak.

Beberapa hal yang harus anda lakukan untuk membantu mengatasi meningitis adalah:

• Memahami bahaya meningitis bakteri. Kondisi ini merupakan keadaan darurat medis dan membutuhkan perhatian dan perawatan segera.
  • Rajin cuci tangan dan menjaga kebersihan diri agar dapat menghindari paparan agen infeksi.
  • Jika Anda sedang hamil, masaklah makanan Anda hingga matang. Hindari makanan mentah dan produk susu beserta turunannya yang tidak dipasteurisasi.