Nevus Melanositik Kongenital

Nevus Melanositik Kongenital

Nevus Melanositik Kongenital 

Pengertian

Nevus melanostik kongenital muncul sebagai plak atau plak yang dibatasi berwarna cokelat muda hingga hitam yang berpotensi sangat heterogen dalam konsistensi yang mencakup area permukaan ukuran apapun dan bagian tubuh mana pun.

Dibandingkan dengan nevus melanositik , nevus melanositik kongenital biasanya berdiameter lebih besar dan mungkin memiliki rambut terminal berlebih, suatu kondisi yang disebut hipertrikosis.

Jika lebih dari 40 cm (16 in) diproyeksikan diameter dewasa dengan hipertrikosis, kadang-kadang disebut nevus berbulu raksasa, lebih biasanya bentuk terbesar ini dikenal sebagai nevus melanositik kongenital besar atau raksasa. Estimasi prevalensi untuk bentuk terbesar adalah 0,002% kelahiran.

Faktor penyebab

Nevus melanositik kongenital timbul dari pertumbuhan berlebih atau gangguan migrasi prekursor melanosit di puncak saraf. Mereka juga dikenal sebagai coat-sleeve, stocking, bathing trunk atau garmen nevus. Warnanya berkisar dari coklat hingga hitam, dengan lesi yang tampak datar hingga nevi yang menonjol. Lesi yang muncul saat lahir dengan diameter lebih dari 20 cm diberi label nevus melanositik kongenital raksasa. Resiko ini meningkat dengan peningkatan jumlah lesi di dekat nevus.

Penyebab lainnya

Tanda-tanda ini diduga disebabkan oleh peningkatan lokal melanosit saat bayi tumbuh di dalam rahim. Melanosit adalah sel kulit yang memproduksi melanin, yang memberi warna pada kulit. Sebuah nevus memiliki peningkatan jumlah melanosit. Kondisi ini juga dapat diduga dan disebabkan oleh cacat gen.

Kondisi ini dapat terjadi dengan:

  1. Nevus lainnya (tahi lalat)
    Keterlibatan selaput otak dan sumsum tulang belakang ketika nevus mempengaruhi area yang sangat luas
  2. Nevus berpigmen atau melanositik kongenital yang lebih kecil sering terjadi pada anak-anak dan tidak sering menimbulkan masalah. Nevus yang lebih besar atau raksasa jarang terjadi.

Gejala

Nevus akan muncul sebagai tambalan berwarna gelap dengan salah satu dari berikut ini:

  1. Warna coklat sampai hitam kebiruan
  2. Rambut
  3. Batas reguler atau tidak rata
  4. Area yang terkena dampak lebih kecil di dekat nevus yang lebih besar (kemungkinan)
  5. Permukaan kulit halus, tidak teratur, atau seperti kutil

Nevi biasanya ditemukan di bagian atas atau bawah punggung atau perut. Mereka juga dapat ditemukan di:

  1. Lengan
  2. Kaki
  3. Selaput lendir
  4. Telapak tangan atau telapak kaki

Diagnosa

Pemantauan tindak lanjut klinis reguler terhadap perubahan lesi dan prosedur bedah pada kasus dengan resiko melanoma dan dukungan psikologis. Tujuan dari presentasi kasus ini adalah untuk menggambarkan bila terjadi masalah langka nevus melanositik kongenital besar pada bayi baru lahir, bersama dengan tinjauan literatur dan diskusi tentang pilihan kemungkinan.

Kemungkinan Komplikasi

Nevus melanostik kongenital dapat menyebabkan:

  1. Depresi dan masalah emosional lainnya jika nevus ini mempengaruhi penampilan
  2. Kanker kulit (melanoma)

Punya Keluhan Penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Related Posts---

Leave A Reply---