Nevus Spilus

Nevus Spilus

Nevus Spilus 

Pengertian

Nevus spilus terjadi kurang dari 0,2% dari bayi baru lahir, 1% sampai 2% dari anak-anak sekolah kulit putih, dan 2% dewasa kulit putih, Belum dijumpai data kejadian pada orang berkulit gelap, Tidak tampak adanya jenis kelamin menjadi predileksi pada nevus spilus.

Terdapat postulasi yang menyatakan nevus spilus berkembang dalam jalur yang hampir sama dengan nevus kongenital, tetapi daripada mutasi yang mendasari mengakibatkan akumulasi sel-sel melanositik masif pada dermis, defek genetik membentuk sekelompok sel yang rentan terhadap kejadian sekunder yang mengakibatkan perkembangan neoplasma, melanositik individual fokal dalam hiperplasia melanositik lokal.

Munculnya nevus spilus

Nevus Spilus mungkin terdengar seperti nama beberapa bintang langit atau planet yang baru ditemukan, tetapi itu hanya berarti bintik coklat atau gelap atau sekelompok tahi lalat pada kulit yang ditandai dengan area hiperpigmentasi. Nama lain untuk Nevus Spilus (nevi jamak) adalah Speckled Lentiginous Nevus. Bintik-bintik itu bisa datar atau terangkat.

Nevus adalah bahasa latin yang artinya tanda lahir. Sementara Nevus dianggap bawaan dan mungkin ada dari sejak lahir, itu dapat berkembang di masa kanak-kanak atau bahkan bermanifestasi di kemudian hari di masa dewasa. Lesi berpigmen Nevus Spilus dapat muncul di mana saja di tubuh, tetapi paling sering ditemukan di area badan, lengan atau kaki. Kondisi ini terjadi pada sekitar 2 persen populasi orang dewasa di seluruh dunia.

Diagnosa

Nevus Spilus biasanya jinak, seperti halnya tahi lalat atau bintik-bintik lain pada area tubuh, tanda hitam itu tetap harus dipantau oleh Anda dan dokter untuk setiap perubahan. Jika Anda menderita Nevus Spilus, Anda pasti ingin memeriksakan lesi ini setiap tahun. Jika area tersebut mulai gatal atau berdarah atau melihat adanya tanda-tanda perubahan warna, bentuk, atau ukuran maka Anda harus memeriksakan diri ke dokter kulit. Walaupun hal ini jarang terjadi, tetapi ada laporan Nevus Spilus menjadi ganas. Jika ini masalahnya atau area tersebut dianggap beresiko, operasi pengangkatan mungkin sangat direkomendasikan.

Pengobatan

Biasanya area dimensi Nevus Spilus berkisar hanya di bawah 1 cm hingga lebih besar dari 20 cm. Karena tanda ini bisa besar dan terjadi pada bagian tubuh yang terbuka, maka pasien sering ingin menghilangkan bintik-bintik berpigmen ini karena alasan kosmetik. Di Contour Dermatology, kami telah sukses besar dalam menggunakan teknologi laser untuk pembersihan pigmen yang sangat baik. Jika Anda atau orang yang Anda cintai khawatir tentang Nevus Spilus, langkah pertama adalah mendapatkan diagnosis konfirmasi dari dokter kulit. Nevus Spilus tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan, hanya pemantauan saja. Bagi mereka yang ingin mengeksplorasi menghilangankan hiperpigmentasi secara kosmetik, ketahuilah bahwa biasanya diperlukan serangkaian perawatan laser dan atau kombinasi dari dua jenis laser untuk mencapai hasil perawatan terbaik.

Punya Keluhan Penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Related Posts---

Leave A Reply---