Orchitis

Orchitis Masalah Testis

Pengertian

Orchitis bisa dipicu oleh virus maupun bakteri. Contohnya adalah virus mumps sebagai penyebab penyebab penyakit gondongan dan bakteri Neisseria gonorrhoeae sebagai penyebab umum penyakit epididimitis atau peradangan saluran sperma yang terletak di belakang testis.

Gejala

Gejala Orchitis adalah sebagai berikut :

1. Pembengkakan dan muncul rasa nyeri pada salah satu atau kedua testis sekaligus. Selain itu, testis juga akan lebih sensitif terhadap sentuhan.
  2. Kelelahan.
  3. Rasa nyeri tingkat sedang hingga parah pada testis.
  4. Sakit kepala.
  5. Demam.
  6. Nyeri pada bagian selangkangan.
  7. Adanya darah pada cairan sperma.
  8. Mual dan muntah.
  9. Nyeri ketika buang air kecil, saat berhubungan seks, dan saat mengalami ejakulasi.
  10. Rasa tidak nyaman pada testis.

Orchitis yang disebabkan oleh infeksi virus mumps biasanya akan muncul 4 sampai 7 hari sesudah seseorang terkena penyakit gondongan.

Faktor resiko

• Menjadi laki-laki. Wanita tidak memiliki epididimis atau testis.
  • Pria yang aktif secara seksual (biasanya di bawah 40 tahun) dengan paparan penyakit menular seksual yang menyebabkan infeksi epididimis, seperti gonore atau klamidia. Infeksi ini dapat berpindah dari uretra ke testis.
  • Infeksi saluran kemih (ISK) – Penyakit yang disebabkan oleh bakteri berbahaya, virus atau ragi yang tumbuh di saluran kemih. Hal ini dapat disebabkan oleh penyumbatan kandung kemih akibat pembesaran prostat atau prostatitis (radang prostat), jaringan parut pada uretra, atau infeksi kandung kemih karena kateterisasi atau instrumentasi uretra. Ini adalah penyebab paling umum pada pria di atas 40 tahun.
  • Trauma/cedera
  • Penyakit gondok
  • Prostatitis
  • Terkadang tidak diketahui penyebabnya

Diagnosa

• Anamnesis dan pemeriksaan fisik yang menyeluruh
  • Urinalisis (pengumpulan urin) untuk memeriksa infeksi
  • Usap uretra (tabung yang membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh) untuk memeriksa infeksi menular seksual
  • Ultrasonografi skrotum untuk memastikan testis tidak memiliki tumor atau tidak terpuntir

Perawatan

Perawatan akan tergantung pada penyebabnya. Antibiotik (obat yang melawan infeksi) atau obat anti-inflamasi dapat diresepkan. Berendam air hangat dan atau di kompres es, dan penyangga testis atau buah zakar dapat digunakan untuk mengobati epididimitis/orkitis. Penyelesaian lengkap gejala Anda mungkin memerlukan waktu, tetapi Anda akan melihat peningkatan dalam beberapa hari setelah memulai perawatan. Rasa sakit atau ketidaknyamanan dapat berlanjut sampai antibiotik selesai, tetapi kekencangan dan pembengkakan mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk sembuh.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718