Pemphigus Vulgaris

Pengertian

Pemfigus adalah penyakit yang menimbulkan lepuh dan luka pada kulit atau selaput lendir, seperti pada mulut atau pada alat kelamin.

Pemfigus dapat terjadi pada semua usia, tetapi paling sering terlihat pada orang yang berusia paruh baya atau lebih tua. Ini cenderung menjadi kondisi (kronis) yang tahan lama, dan beberapa jenis dapat mengancam jiwa tanpa pengobatan. Pengobatan dengan obat biasanya mengendalikannya.

Apa Itu Pemfigus

Pemfigus adalah gangguan autoimun. Biasanya, sistem kekebalan Anda menghasilkan antibodi untuk melawan penyerang berbahaya, seperti virus dan bakteri. Tetapi pada pemfigus, tubuh memproduksi antibodi yang merusak sel-sel kulit dan selaput lendir.

Pemfigus tidak menular. Dalam kebanyakan kasus, tidak diketahui apa yang memicu penyakit ini.

Jarang, pemfigus dipicu oleh penggunaan penghambat enzim pengubah angiotensin, penisilamin dan obat-obatan lain.

Pemphigus Vulgaris merupakan penyakit yang jarang terjadi, tetapi dapat menyebabkan kematian bila tidak ditangani. Penderita penyakit ini biasanya sistem kekebalan tubuhnya dapat menghasilkan antibodi yang balik menyerang sel sehat dikulit dan lapisan tubuh lainnya.

Pemfigus menyebabkan lecet pada kulit dan selaput lendir. Lepuh mudah pecah, meninggalkan luka terbuka, yang mungkin mengeluarkan cairan dan terinfeksi.

Tanda dan gejala dari dua jenis pemfigus yang umum adalah sebagai berikut:

• Pemfigus vulgaris. Jenis ini biasanya dimulai dengan lepuh di mulut Anda dan kemudian pada kulit atau selaput lendir genital Anda. Lepuh biasanya menyakitkan tetapi tidak gatal. Lepuh di mulut atau tenggorokan dapat membuat Anda sulit menelan dan makan.
  • Pemfigus foliaceus. Jenis ini menyebabkan lecet di dada, punggung dan bahu. Lepuh cenderung lebih gatal daripada menyakitkan. Pemfigus foliaceus tidak menyebabkan lepuh mulut.

Pemfigus berbeda dari pemfigoid bulosa, yang merupakan kondisi kulit melepuh yang menyerang orang dewasa yang lebih tua dan dapat menyebabkan kematian.

Komplikasi

Kemungkinan komplikasi pemfigus meliputi:

• Infeksi kulit Anda
  • Infeksi yang menyebar ke aliran darah Anda (sepsis)
  • Malnutrisi, karena sariawan yang menyakitkan membuat sulit makan
  • Efek samping obat, seperti tekanan darah tinggi dan infeksi
  • Kematian, jika jenis pemfigus tertentu tidak diobati

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718