Pentingnya Lampu UV-C

Pentingnya Lampu UV-C

Pentingnya Lampu UV-C

Lampu UV-C ini dinilai sangat baik dalam membunuh atau menghancurkan bahan genetik dari partikel virus. Para ilmuwan juga menemukan bahwasanya mereka dapat memanfaatkan lampu UV-C untuk membunuh berbagai jenis mikroorganisme, karena dari manfaat sinar lampu UV-C atau ultraviolet C ini dapat menghancurkan berbagai bakteri dan virus mikroskopik tanpa merusak mata dan kulit manusia.

Gelombang yang terkandung didalam sinar UV-C tersebut dapat juga menonaktifkan mikroorganisme dengan cara menghancurkan asam nukleat dan mengganggu sistem DNA mereka, sehingga mikroorganisme tidak akan bisa melakukan fungsi vitalnya.

Penggunaan sinar lampu UV-C untuk medis yang tepat dan efektif biasanya digunakan di ruang bagian laboratorium, klinik dan juga rumah sakit.

Teknologi sinar lampu UV-C ini dimanfaatkan untuk mensterilisasikan dari benda-benda yang ada di sekitar supaya terhindar akan dari bahaya virus dan bakteri. Maka sebelum memulai tindakan sterilisasi ini silahkan perhatikan terlebih dahulu fakta-fakta yang ada di dalam sinar UV-C LED berikut ini :

Fakta Sinar UV-C LED

1. Sangat mirip dengan suhu tubuh manusia

Sinar lampu UV-C LED ini pun dilengkapi lapisan yang dapat menghasilkan karbon dioksida melalui proses katalitik, yang dimana membuatnya suhunya mirip dengan manusia pada umumnya. Selain itu juga, teknologi sinar ini memiliki kombinasi cahaya khusus yang dapat diatur didalam jangkauan visual maksimal yang sangat efektif untuk mencegah berbagai jenis virus.

2. Mengurangi dari penyebaran penyakit yang mematikan

Sinar UV-C LED ini dapat mengurangi dari penyebaran penyakit yang mematikan dan juga dapat untuk memusnahkan penyakit tersebut. Sinar UV-C ini pun memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dibandingkan dengan cahaya kasat mata pada umumnya, sehingga lebih efisien dalam membunuh bakteri dan juga mencegah mikroorganisme untuk berkembangbiak serta pencemaran air.

3. Dapat mensterilkan benda disekitar

Sinar UV-C LED ini pun dapat digunakan untuk pengolahan air minum juga limbah, mensterilkan kondisi udara, pengolahan jus buah-buahan dan juga sayur-sayuran, serta dapat juga mensterilkan peralatan rumahan hingga mainan anak-anak.

Kapan UV-C Digunakan?

Penggunaan UV-C yang paling tepat yaitu ketika dalam ruangan tersebut sedang kosong atau sedang tidak ada penghuni manusianya yang sedang berkegiatan di dalamnya. Misalnya saja saat di malam hari atau pagi-pagi disaat sebelum jam kerja, dapat juga ketika di jam istirahat siang.

Penggunaan sinar UV-C ini setidaknya harus diantara selama 15-30 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dan pada barang-barang perabot, sinar UV-C ini perlahan dapat merusak warna dan juga struktur pada perabotnya.

Cara Cek Keaslian Lampu UV-C

Pastikan lampu UV-C tersebut memang gunanya untuk germicidal. Maka harus benar-benar di cek bahwa lampu UV-C yang digunakan tersebut memang untuk membunuh mikroorganisme.

Faktanya sangat banyak lampu UV-C yang dijual di pasaran yang gunanya hanya sekedar lampu untuk membedakan uang asli atau palsu belaka. Banyak juga barang palsu dari UV-C ini, maka lebih baiknya untuk cari distributor UV-C yang memang benar-benar menjual alat UV-C ini ke Rumah Sakit dan laboratorium.

Cek Secara Berkala

Sebelum lampu UV-C digunakan, sangat disarankan untuk mengecek secara berkala apakah lampu UV-C yang didalam alat tersebut masih berfungsi dengan baik ataukah tidak. Kewajiban yang lain untuk dicek secara berkala juga yaitu apakah lampunya masih dapat berfungsi untuk membunuh bebagai mikroorganisme.

Kita juga harus menyesuaikan kondisi dari banyaknya lampu UVC dengan besar ruangan yang akan menjadi lokasi penggunaan lampu UV-C, karena jumlah banyaknya UV-C harus sesuai dengan kondisi ruangan.

Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Reservasi Online: Disini

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis
Follow Instagram: Klinik Atlantis
Follow Facebook: Klinik Atlantis Medan

Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223