Penyakit Kulit Kudis

Penyakit Kulit Kudis

kudis - Penyakit Kulit Kudis

Pengertian kudis

Kudis atau juga yang biasa disebut Scabies adalah kondisi kulit gatal karena tungau bernama Sarcoptes scabiei. Tungau Sarcoptes scabiei berukuran kecil ini senang bersarang di lapisan kulit manusia. Tungau menggali terowongan dan bertelur di dalam kulit sehingga penderitanya dapat merasa gatal dan kemerahan di kulitnya.

Namun, apabila Anda menggaruknya, kulit Anda dapat terluka dan mungkin menimbulkan infeksi lain, seperti impetigo. Selain itu, penyakit kudis juga dapat semakin memburuk menjadi kudis berkulit. Jenis kudis ini lebih berkerak, bersisik, dan dapat mencakup area besar dari tubuh Anda. Penyakit ini juga sangat menular dan dapat menyebar dengan cepat melalui kontak fisik. Memang semua orang dapat terkena penyakit ini, namun, penyakit ini lebih sering dialami oleh orang-orang yang kondisi hidupnya tidak terlalu bersih.

Penularan tungau Sarcoptes scabiei terjadi melalui 2 cara, yaitu:

Kontak langsung, seperti melalui pelukan atau berhubungan seksual. Berjabat tangan hanya memiliki potensi kecil menularkan tungau.
Tidak langsung, misalnya berbagi peggunaan pakaian atau tempat tidur dengan orang yang menderita kudis.

Gejala Kudis

Ketika seseorang terkena kudis atau skabies untuk pertama kalinya, butuh 4-6 minggu untuk kulit bereaksi. Gejala yang paling umum adalah:

  • Gatal intens, terutama pada malam hari.
  • Ruam seperti jerawat.
  • Lecet.
  • Luka yang disebabkan oleh garukan.

Ciri lain dari kudis adalah munculnya liang seperti terowongan di kulit. Garis-garis pada kulit yang lebih timbul biasanya berwarna kulit atau berwarna putih keabu-abuan. Terowongan ini diciptakan ketika tungau betina masuk tepat di bawah permukaan kulit. Setelah membuat liang, masing-masing tungau betina meletakkan 10-25 telur di dalamnya.

Pengobatan Kudis

Penanganan pertama yang haru dilakukan untuk mengobati kudis atau skabies adalah dengan obat-obatan. Beberapa krim dan lotion berlaku dengan resep dokter. Oleskan obat di bagian tubuh yang mengalami kudis dan membiarkannya setidaknya selama 8 jam.

Sebagai tambahan, Ivermectin—obat minum—berguna bagi orang dengan perubahan sistem imun, orang yang mengalami kudis mengeras, atau bagi orang yang tidak merespon terhadap lotion dan krim resep. Walaupun obat ini membunuh tungau dengan cepat, rasa gatal mungkin tidak sepenuhnya hilang selama beberapa minggu.

Related Posts---

Leave A Reply---

× WhatsApp
Lewat ke baris perkakas