fbpx

Penyakit Kulit Kurap

Penyakit Kulit Kurap

kurap - Penyakit Kulit Kurap

Definisi Kurap

Kurap atau yang juga biasa disebut dengan istilah ‘tinea‘ merupakan penyakit yang menyerang kulit dan disebabkan oleh jamur. Selain menyerang kuku, tubuh bagian atas dan kepala, penyakit ini juga dapat muncul di selangkangan dan kaki. Kurap relatif umum dan dapat mempengaruhi pasien dalam semua usia khususnya anak-anak.

Gejala Kurap

Gejala kurap yang paling mudah dikenali adalah munculnya ruam kemerahan berbentuk lingkaran dengan garis luar yang tidak beraturan. Ruam ini biasanya terasa sangat gatal dan dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Jika terjadi pada pria muda, kurap sering ditemukan di daerah selangkangan. Berikut beberapa gejala umum lain nya :

  • Kulit memerah, gatal, bersisik, atau membengkak
  • Kulit melepuh atau mulai mengeluarkan nanah dari bercak
  • Bercak yang mirip dengan cincin dan bagian luarnya lebih merah
  • Bagian tepi bercak lebih timbul

Penyebab Kurap

Kurap sendiri disebabkan oleh infeksi tiga jamur berbeda yakni Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton dan disebarkan dengan cara :

  • Dari manusia ke manusia. Orang sehat langsung bersentuhan dengan orang yang terinfeksi.
  • Dari hewan ke manusia. Orang menyentuh hewan pengidap kurap.
  • Dari benda ke manusia. Orang menyentuh benda atau permukaan yang disentuh atau digosok oleh orang atau hewan terinfeksi, misalnya pakaian, handuk, sprei dan linen, sisir, dan sikat.
  • Dari tanah ke manusia. Kurap jarang mampu menyebar melalui sentuhan dengan tanah yang terinfeksi.

Pengobatan dan pencegahan

Kurap dapat diatasi dengan obat anti-jamur dalam bentuk salep yang dijual bebas. Tetapi Anda dianjurkan untuk mengonsumsi tablet antijamur yang biasanya memerlukan resep dokter jika gejala yang Anda alami parah, tidak kunjung sembuh, atau terjadi di kulit kepala. Khusus untuk kurap di kulit kepala, Anda dianjurkan untuk menggunakan sampo antijamur agar dapat mencegah penyebaran infeksi.

Kurap memang tidak berbahaya, tapi sangat mudah menular. Penyakit ini dapat menyebar melalui kontak langsung melalui kulit dan berbagi penggunaan barang pribadi, misalnya sisir, handuk, dan pakaian. Karena itu, cara utama untuk mencegah penularan kurap adalah dengan menghindari penggunaan barang pribadi bersama orang lain serta menjaga kebersihan diri.

Anda dapat menjaga kebersihan diri melalui langkah sederhana, seperti sering mencuci tangan serta rajin membersihkan rumah. Selain penularan dari manusia, hewan peliharaan yang terkena kurap juga dapat menularkannya kepada Anda. Segera periksakan hewan peliharaan Anda ke dokter hewan jika Anda menduga hewan tersebut mengidap kurap.

Punya Keluhan Penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Related Posts---

Leave A Reply---

WhatsApp Kami