Penyakit Kulit Psoriasis

psoriaris - Penyakit Kulit Psoriasis

Apa itu Psoriasis?

Psoriasis adalah penyakit autoimun berupa peradangan kulit menahun ditandai dengan sisik yang berlapis berwarna keperakan, disertai dengan penebalan warna kemerahan dan rasa gatal atau perih. Bila sisik ini dilepaskan maka akan timbul bintik perdarahan di kulit dibawahnya. Penyakit ini beragam mulai dari yang ringan hingga yang parah. Pemicunya bisa mulai dengan cedera ringan, stres, infeksi, iklim yang dingin dan kering, obesitas, dan penyakit autoimun lainnya. Psoriasis juga bisa terjadi tanpa alasan yang jelas.

Penyebab

Penyebab psoriasis belum diketahui secara pasti. Namun, penyakit ini diduga terkait dengan gangguan autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat. Psoriasis muncul ketika produksi sel-sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan. Pada kondisi normal, tubuh akan memproduksi dan mengganti sel-sel kulit yang mati dalam beberapa minggu sekali.

Sementara pengidap psoriasis akan mengalaminya dalam hitungan hari sehingga terjadi penumpukan sel kulit yang akhirnya membentuk penebalan. Faktor keturunan juga dianggap berperan dalam munculnya psoriasis. Di samping itu, ada sejumlah faktor pencetus yang diduga bisa memicu penyakit ini. Di antaranya adalah infeksi tenggorokan, stres, obesitas, mengidap HIV, cedera pada kulit, serta akibat penggunaan obat-obatan tertentu.

Pengobatan dan Pencegahan

Psoriasis tidak dapat disembuhkan tetapi pengobatan dapat membantu mengontrol gejalanya. Anda harus menghindari hal-hal yang dapat memicu psoriasis dan menggunakan obat sesuai resep untuk mengontrol dan mengurangi gejala. Langkah-langkah umum yakni menjaga kebersihan kulit, menghindari cedera kulit dan kulit kering, hindari terekspos sinar matahari yang menyengat.

Pengobatan untuk psorias ringan sampai sedang antara lain dengan mengaplikasikan krim topikal, lotion, sampo, dan salep yang mengandung tar batubara. Ini akan mengurangi peradangan (kemerahan), kerak kulit, dan gatal-gatal. Steroid dan obat anti-inflamasi lainnya bisa diterapkan pada kulit (topikal) untuk kasus ringan hingga sedang juga sebagai kombinasi terapi untuk kasus yang lebih parah.