Penyakit Usus Buntu

usus buntu 600x600 - Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu adalah peradangan yang terjadi pada usus buntu atau apendiks. Usus buntu merupakan organ berbentuk kantong kecil dan tipis, berukuran sepanjang 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar.
Saat menderita radang usus buntu, penderita dapat merasa nyeri di perut kanan bagian bawah. Jika dibiarkan, infeksi dapat menjadi serius dan menyebabkan usus buntuh pecah, sehingga menimbukan keluhan rasa nyeri hebat hingga membahayakan nyawa penderitanya.

Radang usus buntu dapat terjadi pada semua usia, namun paling sering pada usia 10 sampai 30 tahun. Penyakit usus buntu bisa disebabkan sumbatan pada usus buntu, baik sebagian atau total. Hambatan usus buntu yang menyeluruh merupakan kondisi darurat dan perlu segera ditangani dengan tindakan operasi.

Apa saja gejala penyakit usus buntu?
1. Sakit Perut Kanan Bawah Gejala usus buntu yang umum diketahui banyak orang adalah rasa sakit perut bagian kanan bawah. Sakit perut ini terjadi secara mendadak dengan rasa nyeri dan kram. Hal ini terjadi karena usus buntu mengalami pembengkakan dan peradangan yang disebabkan oleh iritasi pada lapisan dinding perut.Pada anak kecil rasa sakit perut dimulai dari bagian tengah yang hilang timbul. Selang beberapa jam, rasa sakit akan bergerak ke sisi kanan bawah perut dan menetap.

2. Rasa Nyeri di Pusar Ada rasa ketidaknyamanan di dekat pusar yang mengarah ke bagian kanan bawah. Hal ini merupakan gejala pertama yang biasanya dapat kamu rasakan beserta rasa sakit perut kanan bawah.

3. Mual, Muntah, dan Hilangnya Nafsu Makan Radang usus buntu terkadang berdampak pada saluran pencernaan dan sistem saraf. Hal ini membuat rasa mual dan muntah serta hilangnya nafsu makan.

4. Diare , Sebagian orang mengalami diare ketika gejala usus buntu menyerang. Selain itu mengalami kesulitan buang angin dikarenakan kemungkinan besar penyumbatan di usus sudah terjadi menyeluruh.

5. Demam , Demam terjadi karena reaksi alami tubuh melawan infeksi. Demam akan disertakan dengan peningkatan denyut jantung.

Gejala usus buntu pada anak dan ibu hamil berbeda Dilansir dari Healthline, batita yang berusia 2 tahun atau kurang sering menunjukkan gejala usus buntu seperti berikut ini:
a. Demam
b. Muntah
c. Perut terasa kembung
d. Keadaan perut membengkak, ketika ditepuk pelan terasa empuk

Sedangkan untuk anak-anak dan remaja cenderung mengalami:
a. Mual
b. Muntah
c. Nyeri perut di sisi kanan bawah perut

Pada ibu hamil, gejala usus buntu mungkin mirip dengan beragam keluhan selama kehamilan seperti morning sickness. Pasalnya gejala penyakit ini pada ibu hamil meliputi berkurangnya nafsu makan, kram perut, mual, dan muntah.

Penyakit usus buntu terjadi karena rongga usus buntu mengalami infeksi. Dalam kondisi ini, bakteri berkembang biak dengan cepat sehingga membuat usus buntu meradang, bengkak, hingga bernanah.

Banyak faktor yang diduga membuat seseorang mengalami radang usus buntu, di antaranya:
– Hambatan pada pintu rongga usus buntu
– Penebalan atau pembengkakan jaringan dinding usus buntu karena infeksi di saluran pencernaan atau di bagian tubuh lainnya
– Tinja atau pertumbuhan parasit yang menyumbat rongga usus buntu
– Cedera pada perut
– Kondisi medis, seperti tumor pada perut atau inflammatory bowel disease

Penyakit usus buntu yang tidak diobati beresiko menimbulkan komplikasi yang membahayakan.

Komplikasi tersebut antara lain:
A. Abses atau terbentuknya kantong berisi nanah. Komplikasi ini muncul sebagai usaha alami tubuh untuk mengatasi infeksi pada usus buntu. Penanganannya dilakukan dengan penyedotan nanah dari abses atau dengan antibiotik. Jika ditemukan dalam operasi, abses dan bagian di sekitarnya akan dibersihkan dengan hati-hati dan diberi antibiotik.

B. Peritonitis adalah infeksi pada lapisan dalam perut atau peritoneum. Peritonitis terjadi saat usus buntu pecah dan infeksi menyebar hingga ke seluruh rongga perut. Penanganan kasus ini dilakukan dengan pemberian antibiotik dan tindakan bedah terbuka secepatnya, untuk mengangkat usus buntu dan membersihkan rongga perut. Peritonitis ditandai dengan nyeri seluruh perut yang hebat dan terus menerus, demam, serta detak jantung yang cepat.

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718