Penyebab Penyakit Hepatitis dan Cara Pengobatan Terbaiknya

Hepatitis

Penyebab Penyakit Hepatitis dan Cara Pengobatan Terbaiknya

Hepatitis adalah suatu penyakit yang penyebab utamanya karena ada radang hati. Selain itu sebelumnya memang ada infeksi virus karena kebiasaan buruk. Misalnya terlalu banyak minum alkohol sampai obat-obatan kimia berbahaya.

Umumnya saat masih awal, mungkin yang terasa hanya berupa demam atau nyeri saja. Tapi wajib kita waspadai karena ternyata dapat tiba-tiba parah. Lebih buruknya lagi selalu muncul komplikasi dengan organ bagian dalam yang lainnya.

Penyebab dan Gejala Penyakit Hepatitis

Penyakit ini sebenarnya memang diawali dengan adanya infeksi virus. Selanjutnya akan dibedakan mulai dari tipe A sampai E. Tentu saja masing-masing tipe tersebut akan berbeda-beda cara penularannya.

Kita bisa mengambil contoh misalnya pada tipe A di mana penularannya lewat feses. Selanjutnya ada tipe B lewat darah dan cairan kelamin. Hal ini bakal terjadi baik pria ataupun wanita.

Sementara itu kalau pada tipe C umumnya tersebar karena hubungan seksual dan jarum suntik. Lalu kalau tipe D disebabkan penyebaran virus dalam darah. Terakhir ada tipe E yang disebabkan air minum dengan kandungan virus.

Selanjutnya Anda perlu tahu kalau sebenarnya banyak penyebab kenapa hepatitis bisa menyerang. Misalnya karena minum alkohol dalam jumlah besar. Terlebih jika konsumsi miras memang dilakukan setiap hari.

Selain itu penyebab lainnya berupa obat yang digunakan dalam tubuh. Mungkin awalnya sedikit tapi semakin hari dosisnya terlalu tinggi. Mungkin saja didalamnya mengandung racun dan tidak dapat dihilangkan.

Bisa juga terjadi karena munculnya kondisi seperti autoimun. Di mana pada saat tersebut, maka sistem imun malah menyerang organ hati. Hasilnya hati malahan mengalami radang ditambah lagi sel menjadi rusak.

Umumnya penyakit ini sendiri bisa muncul tanpa ada gejala. Tapi nantinya bakal terasa apabila tersebar serta mulai merusak hati. Pada saat inilah kemudian akan muncul gejala serius jika masa inkubasi muncul.

Anda juga perlu khawatir apabila terdapat beberapa gejala umum muncul. Misalnya terasa mual dan terus muntah, lalu disertai sama demam. Ada juga keadaan feses dan urine warnanya terlalu gelap serta nyeri pada bagian perut.

Pengobatan dan Diagnosa Dari Dokter

Kalau Anda merasakan suatu gejala yang cukup berbeda, maka harus segera periksa ke dokter karena takut ada komplikasi. Misalnya jika melihat air kencing dan feses warganya sangat gelap serta mata menjadi kekuningan.

Tapi nantinya dokter akan melakukan diagnosa dengan pemeriksaan yang diperlukan. Mungkin akan mengambil sampel pada beberapa cairan dalam tubuh. Baru ditentukan apa tipe serta cara pengobatan yang tepat.

Umumnya para penderita bakal diberi interferon. Hal ini dilakukan jika virusnya mulai berkembang serta mencegah virus agar tidak dapat menyebar. Alasan pemberian interferon juga supaya tidak kambuh.

Obat lainnya yang diperlukan adalah imunosupresan. Bakal dipakai apabila jika penyebabnya berupa autoimun sehingga bisa bekerja seperti biasa. Nantinya pemberian obat ini akan membuat imun tidak menganggap sel hati sebagai musuh.

Dokter seringkali juga bakal memberikan anti virus. Tujuan utamanya supaya menghilangkan pertumbuhan virus penyebab penyakit ini. Tapi tetap saja nantinya untuk sistemnya berbeda tiap tipe hepatitis.

Prosedur terakhir yang butuh dilakukan para penderita adalah transplantasi hati. Hal ini dilakukan jika penyakitnya paling parah. Terutama hati bakal diganti sehingga butuh pendonor langsung.

Jika semua prosedur tersebut sudah dilakukan, maka masih harus melakukan pemantauan dengan benar. Wajib ditunggu proses sampai benar-benar menjadi pulih. Ditambah tidak boleh melakukan banyak kegiatan menguras fisik.

Supaya Anda tidak pernah terkena penyakit ini, maka wajib melakukan pencegahan. Misalnya dengan rajin cuci tangan sampai melakukan hubungan badan secara aman. Selain itu, bakal lebih baik menjaga daya tahan tubuh agar tidak mengalami hepatitis.

Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan dokter lebih lanjut.

Telepon : 0811-6131-718

WhatsApp : 0811-613-1718