Penyebab Penyakit Tifus dan Cara Mengobati

Penyakit Tifus

Penyebab Penyakit Tifus dan Cara Mengobati

Penyakit tifus atau tifoid adalah salah satu kondisi gangguan kesehatan yang banyak dialami orang Indonesia. Di mana sebab utamanya karena infeksi bakteri. Cukup berbahaya jika dibiarkan karena dapat menular dengan cepat dan mudah.

Perlu diketahui kalau di Indonesia, penderita tifus setiap tahunnya bisa mencapai lebih dari 100 ribu orang. Tidak heran sering dikategorikan sebagai pandemik. Menurut pemerintah, tergolong juga sebagai masalah kesehatan besar.

Gejala Awal Munculnya Sakit Tifus

Penyebab utama dari munculnya tifus memang berupa sanitasi buruk. Apalagi jika sudah ditambah dengan air bersih yang sangat terbatas. Akhirnya orang dengan mudah terkontaminasi segala macam bakteri dan virus.

Mungkin untuk orang dewasa tidak akan terlalu terasa, tapi beda dengan kekebalan tubuh anak-anak. Di mana mereka pasti belum terlalu sempurna. Akhirnya dengan mudah terinfeksi penyakit dari orang lain.

Untuk tifus sendiri nantinya diawali dengan infeksi bakteri Salmonella Thypii. Menurut para ahli harus segera diobati karena bisa mengancam jiwa. Selain itu kemungkinan dapat menjadi komplikasi penyakit lain.

Perlu diketahui nantinya akan ada beberapa gejala awal yang bakal muncul. Terutama yang paling umum terjadi berupa demam, tapi cenderung sangat tinggi. Selain itu setiap harinya bakal meningkat terus menerus.

Akan parah karena pada bagian kepala terasa sakit. Sakit tersebut berupa nyeri dan kepala berputar sehingga tidak mampu melakukan kegiatan sehari-hari. Tipikalnya agar mirip seperti demam pada umumnya.

Sudah pasti bagi penderita juga akan merasa seperti tidak enak badan. Hasilnya nanti tidak nafsu makan meski terasa cukup lapar. Apalagi jika sudah muncul rasa mual, maka tidak mungkin mudah makan atau minum.

Akhirnya, tentu perut juga terpengaruh di mana sering terasa sakit. Selanjutnya pencernaan si penderita juga akan terganggu. Terlebih kurang memperoleh gizi sehingga tubuh terasa lemas dan tidak kuat.

Hasil akhirnya tentu saja berat badan menjadi semakin turun. Apalagi tifus seringkali terjadi dalam kurun waktu lama. Nantinya penderita bisa saja langsung kurus setelah terkena kondisi seperti ini.

Langkah Mengobati Tifus Paling Efektif

Untuk pengobatan sebenarnya dapat dilakukan dengan memberi antibiotik. Di mana langkah ini dapat dilakukan dirumah dulu, tapi jangan sendirian. Lebih baik minta bantuan orang tua atau kerabat supaya tidak kesulitan.

Lalu jika ingin memperoleh hasil maksimal, tentu saja rumah sakit adalah tempat terbaik. Pasien nantinya dapat dipantau kondisi kesehatan setiap hari. Hasilnya akan ada pemberian pencegahan agar tidak semakin parah.

Ditambah lagi rumah sakit dapat menyesuaikan pengobatan dengan kondisi. Misalnya jika sedang baik, maka diberi pengobatan antibiotik biasa. Sementara itu kalau sedang memburuk, maka diberi dosis obat lebih tinggi.

Sebenarnya perlu juga melakukan vaksinasi tifoid. Di mana sudah termasuk dalam kategori imunisasi bagi anak maupun dewasa. Tapi sangat dianjurkan terutama jika anak sudah berusia 2 tahun agar tidak terlalu besar.

Terlebih lagi nantinya akan disarankan supaya 3 tahun sekali melakukan vaksinasi ulang. Tujuannya agar kekebalan tubuh terjaga dari infeksi bakteri. Hasilnya tidak terulang lagi mengalami tifus seperti sebelumnya.

Untuk para pekerja kesehatan yang mau menuju daerah dengan banyak penderita tifus, juga disarankan melakukan vaksinasi. Ditambah wajib menjaga kesehatan, baik makanan, minuman maupun lingkungan.

Jika sudah melakukan pengobatan sendiri tapi hasilnya kurang maksimal, jangan terlalu dipaksa. Lebih baik menuju dokter atau klinik terdekat saja. Nantinya pengobatan penyakit tifus dari ahlinya pasti lebih efektif dan berhasil.

Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon : 0811-6131-718

WhatsApp : 0811-613-1718