Perbedaan Ejakulasi Dini dan Disfungsi Ereksi

Perbedaan Ejakulasi Dini dan Disfungsi Ereksi

Penyebab Ejakulasi Dini

Biasanya pria cukup enggan untuk memeriksakan kesehatan seksualnya ke dokter. Tetapi setelah orang itu diperiksa dan ternyata pria tersebut bukannya mengalami disfungsi ereksi melainkan hanya mengalami ejakulasi dini. Sebenarnya apa sih perbedaan diantara keduanya ini? Selama ini banyak pasien yang tidak tahu apa itu DE dan ejakulasi dini itu yang seperti apa. Padahal, itu beda sekali cara pengobatannya.

Pengertian Disfungsi Ereksi

Disfungsi Ereksi (DE) merupakan ketidakmampuan terjadinya ereksi dan mempertahankan ereksi dalam waktu yang cukup untuk berhubungan seksual yang klimaks. Gangguan ini kerap dianggap sebagai hal yang tabu. Banyak pria atau pasangan cukup enggan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter jika mengalami hal ini. Padahal, disfungsi ereksi bisa saja berkaitan dengan gangguan seksual pria lainnya, seperti ejakulasi dini dan penurunan hasrat dalam melakukan hubungan seksual.

Diagnosis Disfungsi Ereksi

Untuk mendiagnosis disfungsi ereksi ini biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan riwayat kesehatan pasien, baik pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang pada pasien tersebut.

Pengertian Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini yaitu suatu kondisi dimana seorang pria ber-ejakulasi atau mengeluarkan sperma atau mani terlalu cepat saat melakukan hubungan seksual. Biasanya kondisi ini dapat mengakibatkan ketidak tercapainya klimaks atau kepuasan seksual kepada pasangan atau kepada diri pria itu sendiri.

Setiap pria/laki-laki dipastikan pernah mengalami ejakulasi dini. Jika hal ini ada terjadi sesekali maka tidak perlu dikhawatirkan. Namun sebaiknya kami sarankan menemui/konsultasi dengan dokter jika 50 persen hubungan seksual yang pernah Anda alami berakhir dengan kejadian ejakulasi dini.

Sebenarnya ini tidak ada patokan pasti soal durasi berhubungan seksual yang baik karena hal ini tergantung dengan kepada kepuasan masing-masing pasangan Anda tentunya. Ada sebuah penelitian yang pernah dilakukan terkait seberapa lamakah sebaiknya hubungan seks itu berlangsung. Ternyata hasilnya rata-rata waktu bagi si pria untuk mencapai suatu ejakulasi setelah melakukan penetrasi itu adalah sekitar 5 setengah menit.

Penyebab Ejakulasi Dini

ED dapat disebabkan oleh beberapa faktor psikologis maupun fisik. Tetapi penyebab psikologis dari ejakulasi dini dapat meliputi stres, depresi atau rasa khawatir. Sedangkan penyebab fisik dari ejakulasi dini bisa berupa seperti:

  1. Gangguan prostat
  2. Gangguan refleks
  3. Gangguan hormon tiroid
  4. Gangguan hormon lainnya

Ada pun beberapa cara untuk penanganan ejakulasi dini, antara lain:

  1. Penanganan secara mandiri
  2. Menggunakan obat-obatan dari dokter
  3. Melakukan konseling ke psikiater bersama pasangan

Pengobatan Ejakulasi Dini dan DE

Pertama-tama dokter akan mencari tahu penyebab ejakulasi dini dan DE dengan memeriksa riwayat kesehatan pasien, termasuk juga kondisi psikologis. Jika tidak ditemukan masalah dari sisi psikologis maka dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan tes urine dan darah.

Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Reservasi Online: Disini

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis
Follow Instagram: Klinik Atlantis
Follow Facebook: Klinik Atlantis Medan

Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Leave A Reply---