Polip Hidung – Klinik Atlantis Medan

Polip Hidung

Polip Hidung

Polip hidung merupakan suatu pertumbuhan sel yang bersifat jinak di selaput lendir hidung. Kemungkinan penyebabnya adalah reaksi hipersensitif atau alergi pada mukosa hidung.

Penyakit Polip Hidung adalah daging tumbuh layaknya tumor yang timbul didalam di antara rongga hidung atau keduanya. Penyakit Polip Hidung berlangsung dikarenakan timbulnya massa lunak yang memiliki kandungan banyak cairan didalam rongga hidung, bewarna putih keabu-abuan yang berlangsung disebabkan inflamasi mukosa layaknya daging yang tumbuh didalam hidung. Dikarenakan memiliki bentuk yang layaknya daging yang tumbuh didalam hidung maka tidak jarang polip hidung ini biasa juga dimaksud tumor hidung.

Pada prinsipnya daging yang tumbuh didalam hidung itu adalah perkembangan dari selaput lendir hidung yang berbentuk jinak. Pembentukan selaput lendir tersebut terkait dengan beragam problem penyakit tht ( telinga, hidung, tenggorokan ) yang lain layaknya rinitis alergi, asma, radang kritis pada mukosa hidung-sinus paranasal, kista fibrosis, intoleransi pada aspirin. Perihal ini tunjukkan bahwa penyakit polip hidung tidaklah penyakit yang murni berdiri dengan sendiri.

Gejala

Penderita biasanya mengeluhkan hidung tersumbat, penurunan indra penciuman, dan gangguan pernafasan. Akibatnya penderita bersuara sengau.

Ciri-ciri Penyakit Polip Hidung

  • Gampang rasakan sakit kepala.
  • Hidung terhalang yang menetap serta senantiasa merasa dapat ada lendir pada sinus hidung.
  • Kerap mengeluarkan lendir dari hidung layaknya tanda-tanda influenza.
  • Daya penciuman alami penurunan.
  • Rongga kerap hidung merasa gatal serta kerap bersin.
  • Mata berair karena alergi.

Ciri polip ini amat bermacam, mulai dari pilek yang berjangka lama, bersin-bersin, hidung terhalang yang berbentuk menetap, sering mimisan, keluhan dapat ada massa di hidung, sulit buang ingus, masalah penciuman, wujud hidung yang tidak lagi simetris, bengek atau bindeng, telinga rasa penuh, mendengkur/gangguan tidur, lendir serta rasa kering yang terkumpul di tenggorokan. Kesemua keluhan itu sudah pasti sangat mengganggu serta amat merubah produktivitas hidup.

Penyebab

Berbagai macam sumber dapat menimbulkan polip. Sama seperti sel kanker, polip umumnya terbentuk ketika pembelahan sel menjadi tidak teratur. Penyebab disregulasi bisa berupa kerusakan DNA, peradangan di jaringan, atau stres lainnya pada sel yang menyebabkan pembelahan sel meningkat. Sejumlah kondisi genetik dapat menyebabkan peningkatan polip atau onset awal polip. Mutasi genetik juga bisa disebabkan oleh karsinogen di lingkungan. Karsinogen adalah molekul yang dapat mengubah DNA, terkadang menyebabkan peningkatan pembelahan sel dan polip. Polip lain, seperti polip hidung, dapat disebabkan oleh peradangan berulang yang disebabkan oleh alergi. Polip yang sama juga bisa disebabkan oleh peradangan karena penggunaan obat atau paparan bahan kimia beracun.

Pengobatan

Tujuan utama pengobatan adalah mengatasi polip dan menghindari penyebab atau faktor pendorong polip. Operasi dilakukan jika polip mengganggu pernafasan atau berhubungan dengan tumor.

Punya Keluhan Penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Tinggalkan Balasan

WhatsApp Kami