Priapismus

Priapismus

Priapismus 

Pengertian

Priapismus adalah ereksi berkepanjangan di luar kehendak selama beberapa jam. Priapismus terjadi karena darah di dalam penis terbendung dan tidak dapat mengalir keluar. Jenis kedua karena terlalu banyak darah yang mengalir ke dalam penis. Priapismus adalah penyakit langka.

Priapismus adalah penyakit langka. Penyakit ini pada umumnya menyerang anak laki-laki, 5-10 tahun, penderita anemia sel darah berbentuk bulan sabit (sickle cell anemia) dan pria, 20-50 tahun. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Priapismus bisa kambuh berkali-kali, berkepanjangan, dan gigih. Ketika priapismus kambuh, ereksi berulang terus-menerus, berlangsung kurang dari 3 jam dan menyebabkan rasa nyeri. Situasi ini umum dan 10-40% muncul ketika pria berhubungan intim

Perbedaan dengan ereksi normal

Ereksi normal dipicu oleh kegembiraan psikologis atau fisik, otot-otot arteri penis rileks dan ada peningkatan aliran darah ke jaringan ereksi penis. Tekanan yang menumpuk di sana melebihi tekanan arteri pada titik tertentu, sehingga aliran darah lebih lanjut dihentikan. Selain itu, pembuluh darah yang mengalir diperas sehingga darah tidak dapat mengalir keluar. Jika gairah berkurang, misalnya karena klimaks telah tercapai, darah perlahan mengalir keluar dari jaringan ereksi dan ereksi berkurang (detumescence).

Bagaimana priapismus terjadi?

Pada penderita priapismus, jaringan ereksi penis dipenuhi dengan darah dan dikarenakan alat kelamin kaku dan tanpa gairah atau kesenangan yang terkait dengannya. Perbedaannya dibuat apakah ada pembengkakan yang disebabkan oleh gangguan aliran darah dari jaringan ereksi (tipe aliran rendah) atau oleh peningkatan aliran darah (tipe aliran tinggi). Pada 90 persen, tipe aliran rendah adalah varian yang lebih sering terjadi.

Faktor penyebab

Jenis priapismus aliran rendah merupakan keadaan darurat urologis karena jaringan penis tidak cukup disuplai dengan oksigen dan karena itu dapat terjadinya disfungsi atau mati. Setelah berjam-jam ereksi, ada juga pengulangan jaringan ikat dari jaringan ereksi (fibrosis). Akibatnya, ketidakmampuan permanen untuk mencapai ereksi dapat berkembang (disfungsi ereksi). Kelengkungan penis yang menyakitkan selama ereksi tidak dapat dikesampingkan sebagai konsekuensi dari fibrosis tersebut. Jika priapismus berlangsung lebih dari 24 jam, sekitar 90 persen pria akan mengalami disfungsi ereksi permanen.

Faktor penyebab lainnya

Dalam sebagian besar kasus priapismus, tidak ada penyebab yang dapat ditemukan bahkan setelah pemeriksaan ekstensif; seseorang kemudian berbicara tentang masalah priapismus. Seringkali, bagaimanapun, asupan obat atau konsumsi obat juga bertanggung jawab atas ereksi permanen yang menyakitkan, khususnya obat injeksi yang dapat meningkatkan ereksi langsung ke jaringan ereksi yang dapat menyebabkan priapismus.

termasuk obat-obatan pemicu tersebut, misalnya, penambah seksual seperti Obat Kuat atau Viagra, Tadalafil dan Vardenafil.

Obat-obatan dan minuman keras lainnya yang dapat menyebabkan ereksi permanen adalah:

  • Antidepresan
  • Obat tekanan darah
  • Pengencer darah seperti heparin
  • Metilfenidat (Ritalin)
  • Kokain

Racun dari binatang tertentu juga dapat menyebabkan priapismus seperti: gigitan laba-laba Brasil diketahui menyebabkan ereksi permanen. Infeksi malaria, yang dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk, juga telah dilaporkan berhubungan dengan priapismus.

Jika pembuluh penis rusak dalam suatu kecelakaan – khususnya kecelakaan sepeda – priapismus aliran tinggi dapat terjadi karena lebih banyak darah mengalir ke penis. Bentuk priapismus ini kurang berbahaya daripada bentuk aliran rendah karena darah jenuh dengan oksigen dan dalam banyak kasus ereksi akan hilang dengan sendirinya.

Punya Keluhan Penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022

Related Posts---

Leave A Reply---