Prosedur Cabut Gigi

Prosedur Cabut Gigi

cabut_gigi

Mencabut gigi harus memperhatikan parameter dari pasien menurut usia, keadaan gigi seperti goyang harus dicabut atau gigi permanen tumbuh di bawah gigi yang dicabut, selain gigi goyang karena terjatuh atau yang lainnya.

Menjaga kesehatan gigi itu bukan hanya tergantung berapa kali menyikat gigi, tetapi yang lebih efektif dalam membersihkan yaitu setelah makan dan sebelum tidur, karena akan terjadi proses perkembangan bakteri yang lebih aktif.

Tindakan cabut gigi dilakukan oleh dokter gigi, dengan terlebih dahulu dilakukan pengecekan dan melalukan bius lokal pada pasien.

Berikut ini kondisi yang membuat seseorang perlu menjalani tindakan cabut gigi:

  • Gigi berlubang dan sarafnya sudah mati
  • Susunan gigi berantakan
  • Ada resiko infeksi
  • Penyakit gusi yang sudah parah

Kerusakan pada gigi yang tidak mungkin di pertahankan lagi perlu di cabut oleh Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut atau Dokter Gigi Umum, tergantung dari tingkat keparahan. Proses pencabutan gigi baru dapat di lakukan ketika pasien tidak dalam keadaan sakit gigi. Biasanya, sebelum hari yang di tentukan untuk di lakukannya pencabutan gigi, dokter gigi anda akan menyarankan untuk meminum obat anti biotik selama beberapa hari tertentu untuk menghilangkan rasa sakit pada area gigi yang terinfeksi. Lalu pada hari di lakukannya pencabutan, dokter gigi akan memberikan anestesi lokal untuk mematirasakan area (bius lokal) dimana gigi akan di cabut.

Setelah gigi di cabut, ada kemungkinan perlu dijahit. Anda dapat dengan lembut menggigit kasa kapas ditempatkan di atas luka untuk membantu menghentikan pendarahan. Dalam keadaan normal periode pemulihan hanya berlangsung beberapa hari saja.

Berikut ini adalah Tips setelah Pencabutan gigi yang akan membantu pasien cabut gigi dalam mempercepat proses pemulihan:

  • Minumlah obat penghilang rasa sakit seperti yang ditentukan oleh dokter gigi atau ahli bedah mulut.
  • Setelah 24 jam, bilas mulut Anda secara lembut dengan air garam hangat beberapa kali sehari untuk mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Anda dapat Membuat air garam sendiri dengan mencampurkan 1 sdt (5 g) garam pada ukuran setengah gelas [8 fl oz (237 ml)] air hangat.
  • Mengganti pembalut kasa sebelum menjadi basah dengan darah.
  • Bersantai sejenak setelah operasi. Aktivitas fisik dapat meningkatkan perdarahan.
  • Hindari merokok.
  • Makan makanan lembut, seperti gelatin, puding, atau sup tipis. Secara bertahap tambahkan makanan padat untuk diet Anda sebagai kemajuan penyembuhan.
  • Jangan berbaring datar. Hal ini dapat memperpanjang pendarahan. Menopang kepala Anda dengan bantal.
  • Hindari menggosok daerah gigi yang di cabut dengan lidah Anda.
  • berhati-hati dalam menyikat gigi dan lidah.

Setelah gigi di cabut, kemungkinan perlu dijahit. Beberapa jahitan akan larut dari waktu ke waktu, dan perlu di lepas dalam beberapa hari. Dokter gigi akan memberitahu Anda agar datang kembali untuk melepas jahitan.

Mencabut gigi sangat diperlukan ketika kerusakan gigi sudah terlalu parah sehingga tidak ada pengobatan lain yang akan menyembuhkan infeksi. Selain itu, mencabut gigi juga dapat membantu menjaga infeksi yang menyebar ke area lain di mulut Anda.

Beberapa perawatan gigi dapat menyebabkan bakteri di mulut memasuki aliran darah dan menyebabkan infeksi di bagian lain dari tubuh. Orang yang memiliki waktu sulit melawan infeksi mungkin harus minum antibiotik sebelum dan sesudah operasi pencabutan gigi.

Proses pencabutan gigi harus dilakukan sesegera mungkin untuk menghindari penyebaran infeksi dan masalah yang lebih serius. Di saat perawatan saluran akar tidak mungkin lagi menyelamatkan gigi, dokter gigi Anda akan merekomendasikan bahwa gigi perlu di cabut.

Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Reservasi Online: Disini

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis
Follow Instagram: Klinik Atlantis
Follow Facebook: Klinik Atlantis Medan

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Leave A Reply---