Sering Dikira Sariawan, Kanker Lidah Ternyata Sangat Mematikan

kanker lidah - Sering Dikira Sariawan, Kanker Lidah Ternyata Sangat Mematikan

Penjelasan Kanker Lidah

Kanker lidah menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit ini disebut mematikan, karena jika tidak ditangani dengan segera, dapat menyebabkan pengidapnya meninggal dunia. Pada prosesnya, kanker lidah paling sering tumbuh dan berkembang pada sel-sel skuamosa yang ada di permukaan lidah. Sel skuamosa sendiri merupakan sel berbentuk datar atau pipih seperti kulit yang melapisi permukaan mulut, hidung, laring, tiroid, dan tenggorokan.

Kanker lidah adalah salah satu kanker yang menyerang secara diam-diam. Artinya, gejalanya sering kali disalah artikan sebagai gejala penyakit lainnya yang lebih ringan seperti sariawan. Sehingga tak sedikit pengidap kanker lidah yang tidak segera bertemu dokter untuk mendapat penanganan menyeluruh.

Penyebab

Para ahli kesehatan tidak mengetahui penyebab pasti kanker lidah namun sama seperti jenis kanker-kanker lain, kanker lidah juga disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal di sekitar lidah. Ada beberapa faktor yang memicu kemunculan sel kanker pada lidah. Salah satunya adalah serangan human papilloma virus (HPV). Biasanya beberapa orang dengan kondisi dan kebiasaan tertentu dapat meningkatkan risiko penyakit kanker lidah, seperti :

• Perokok
  • Sering minum minuman beralkohol
  • Kurang makan sayur dan buah, cenderung lebih suka makanan berpengawet
  • Kesehatan mulut dan gigi yang buruk
  • Pernah terkena kanker sebelumnya
  • Memiliki ayah, ibu, atau anggota keluarga lainnya yang terkena kanker

Jenis Kanker Lidah

Ada dua jenis kanker lidah berdasarkan letaknya. Jenis pertama adalah kanker lidah yang terletak di bagian depan, alias bagian yang bisa kita lihat. Kanker jenis pertama ini masuk dalam kategori kanker mulut. Sedangkan jenis kedua adalah kanker orofaring, yaitu ketika kanker menyerang bagian akar atau pangkal lidah yang terhubung dengan kerongkongan. Kanker jenis kedua inilah yang menyerang tanpa disadari, terutama di tahap awal.

Gejala dan Tanda

Gejala kanker lidah hampir sama dengan kanker mulut. Namun, disertai gejala lain seperti suara serak, lapisan mulut menebal, nyeri menyebar ke area leher dan telinga, serta gigi yang mudah copot. Selain itu, kanker mulut tidak hanya menyerang lidah, tapi juga area mulut lainnya, seperti gusi dan pipi bagian dalam.

Pengobatan dan Pencegahan

Tak jauh berbeda dengan metode pengobatan kanker lain, penanganan kanker lidah juga meliputi operasi, radioterapi, atau kemoterapi. Langkah yang dipilih tergantung kepada jenis, letak, dan tingkat keparahan kanker lidah yang Anda idap. Jika kanker belum menyebar luas di luar mulut dan orofaring, Anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk sembuh total dengan melakukan operasi serta di kombinasi kan dengan metode kemoterapi dan radioterapi.

Namun jika kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lain, misalnya kelenjar getah bening pada leher, maka peluang Anda untuk bisa sembuh sepenuhnya sangat kecil. Dan biasanya akan dilakukan glosektomi atau operasi pengangkatan sebagian atau seluruh lidah yang pada akhirnya mempengaruhi kemampuan bicara serta menelan Anda secara permanen.