Sporotrikosis (Rose Gardeners Diseases)

Sporotrikosis or Rose Gardener’s Disease - Sporotrikosis (Rose Gardeners Diseases)

Definisi

Apa itu Sporotrikosis?

Sporotrikosis adalah infeksi kulit yang terjadi di subkutaneus dan sistemik yang disebabkan oleh Sporothrix schenckii. Sporotrikosis juga sering disebut sebagai penyakit rose gardener’s disease karena adanya kontaminasi dari duri mawar sebagai faktor penting infeksi dari sporotrikosis. Untuk diketahui, jamur Sporothrix schenckii sering ditemukan pada duri bunga mawar. Selain itu jamur ini juga ditemukan di jerami, sphagnum moss (spesies lumut atau gambut yang biasanya digunakan untuk media menanam anggrek atau tanaman hias lainnya), ranting, dan tanah.

Penyebab

Sporothrix schenckii dapat masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi kulit ketika Anda tertusuk duri yang ada tangkai mawar atau tertusuk ranting. Meski begitu, infeksi juga dapat terjadi ketika Anda menyentuh jerami atau lumut sphagnum moss tanpa harus ada luka terbuka di kulit. Sporothrix schenkii sendiri termasuk dalam genus Sporotrichum jamur ini memiliki 2 bentuk yaitu bentuk miselial dan bentuk ragi (yeast).Sporotrikosis dapat menyerang semua usia dan jumlah penderita laki-laki dan perempuan berbeda antara satu tempat dengan tempat yang lain.

Gejala dan Tanda

Biasanya orang yang terserang Sporotrikosis akan mengalami pembengkakan atau bintil kulit bertekstur keras yang dapat berwarna merah muda atau keunguan. Bintil tidak terasa sakit atau hanya terasa sedikit nyeri ketika ditekan. Seiring waktu, bintil dapat pecah dan mengeluarkan cairan bening. Perlu di perhatikan, bintil ini dapat bersifat kronis dan kambuhan hingga tahunan jika tidak di tangani atau di obati dengan baik.

Bahkan infeksi tersebut bisa menyerang bagian tubuh lain, seperti tulang, persendian, paru-paru, dan otak meski dalam jumlah kecil atau terbilang sangat jarang. Komplikasi ini lebih rentan terjadi pada orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Kondisi ini sulit untuk diobati dan mungkin berakibat fatal.

Pengobatan dan Pencegahan

Pengobatan sporotrikosis tergantung pada berat dan lokasi penyakit. Sporotrikosis diobati dengan obat-obat anti jamur seperti itrakonazol, ketokonazol, amfoterisin B dan flusitosin yang di jual bebas di apotik. Untuk mencegah agar terhindar dari penyakit ini lakukanlah beberapa hal berikut :

• Memakai sarung tangan
  • Menggunakan sepatu boot
  • Gunakan pakaian yang melindungi tangan dan kaki
  • Jangan menggaruk atau melukai permukaan kulit.
  • Setelah sarung tangan dilepas, tangan harus dicuci dengan bersih