fbpx

Tinea Imbrikata

Tinea Imbrikata

tinea imbrikata - Tinea Imbrikata

Definisi

Apa itu Tinea Imbrikata?

Tinea Imbrikata atau kurap bersisik adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan jamur Trychophyton concentricum. Penyakit ini termasuk golongan dermatofitosis kronis dengan gambaran morfologisyang khas, berupa papulo-skuamosa yang tersusun dalam lingkaran-lingkaran konsentris. Tinea imbrikata biasanya menyerang seluruh permukaan kulit berupa lingkaran-lingkaran yang bersisik kasar dan tampak menyerupai lingkaran-lingkaran bermata satu (polisiklis). Penyakit ini biasanya di derita oleh masayarakat yang hidup di daerah beriklim tropis.Kurangnya menjaga kebersihan juga mempermudah infeksi Trychophyton concentricum.

tinea imbrikata real 640x400 - Tinea Imbrikata

Penyebab

Seperti yang disebutkan di atas, Tinea Imbrikata disebabkan oleh jamur Trychophyton concentricum yang diyakini sebagai agen etiologi dari jenis mikosis kulit pada manusia. Trichophyton concentricum menghasilkan koloni yang padat dan tumbuh lambat, yang sebagian besar berwarna putih sampai krem. Trichophyton sendiri adalah satu penyebab infeksi pada rambut, kulit terutama Kutu air (Tinea pedis), dan infeksi pada kuku manusia. Selain itu, Trichophyton merupakan salah satu parasit di antara dermatofit.

Gejala dan Tanda

Tinea imbrikata bermula dengan makula atau papula kecoklatan yang membesar perlahan-lahan. Sekitar pinggir lesi terbentuk zona kecoklatan, melebar dari tengah lesi ke arah luar. Lapisan stratum korneum bagian tengah terlepas dari dasarnya dengan bagian bebas menghadap sentrum lesi. Proses ini berlangsung terusmenerus, sehingga terbentuk lingkaran-lingkaran konsentris yang tersusun seperti susunan genting dari lesi inisial ada di tengah lesi.

Lingkaran-lingkaran skuama konsentris bila membesar dapat bertemu dengan lingkaran-lingkaran di sebelahnya membentuk pinggiran polisiklik. Skuama dapat padat disertai rasa gatal yang sangat pada permulaan infeksi. Eritema sangat minim sampai tidak ada sama sekali. Bila menjadi kronis, peradangan sangat ringan dan penderita tidak merasa terganggu.

Pengobatan dan Pencegahan

Diantara beberapa jenis penyakit jamur kulit, tinea imbrikata termasuk salah satu yang sangat sulit di obati dan biasanya berlangsung menahun. Pengobatan sistemik pada penyakit ini dapat dilakukan dengan memberi Griseofulvin dengan dosis 500 mg sehari selama 4 minggu.Namun masih sering kambuh setelah pengobatan sehingga memerlukan pengobatan ulang lebih lama. Untuk mencegah agar penyakit ini tidak kambuh lagi, dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan badan serta lingkungan.Keadaan yang lembab dan panas dapat mempengaruhi penyebaran penyakit ini.Oleh karena itu, hindari mengenakan pakaian yang tidak menyerap keringat.Selain itu, mandilah secara teratur menggunakan sabun antiseptik.

Related Posts---

Leave A Reply---

WhatsApp Kami