fbpx

Tinea Manum

Tinea Manum

tinea manum - Tinea Manum

Definisi

Apa itu Tinea Manus?

Tinea Manus atau Tinea Manum adalah salah satu jenis infeksi jamur menular yang menyerang tubuh bagian tangan. Siapa pun bisa mengalami tinea manum saat melakukan kontak kulit dengan seseorang yang terinfeksi jamur. Gejala infeksi jamur pada tangan ini mirip dengan beberapa penyakit kulit lain di tangan seperti pompholyx, psoriasis, atau eksim. Penyakit-penyakit ini juga dapat menyebabkan gatal dan bercak pada kulit di tangan. Namun bedanya, penyakit ini bukan disebabkan oleh infeksi jamur seperti tinea manum, dan memiliki gambaran bercak yang berbeda.

Penyebab

Tinea Manum sendiri adalah kasus penyakit jamur kulit yang sangat jarang terjadi. Biasanya, seseorang yang terjangkit tinea manum melakukan kontak langsung dengan hewan (anjing, kucing, sapi, landak) atau tanah yang terinfeksi. Selain itu, faktor resiko yang dapat meningkatkan seseorang lebih rentan terserang penyakit ini adalah orang yang merawat atau berada di sekitar binatang, orang yang berolahraga yang melibatkan kontak erat dengan kulit dan orang yang menggunakan tempat mandi umum di tempat-tempat seperti pusat kebugaran atau tempat lain.

Gejala dan Tanda

Gejala tinea manum secara umum terlihat dari timbulnya radang pada kulit di tangan yang meliputi:

  • Area yang terinfeksi di tangan Anda biasanya kecil dan secara bertahap menjadi lebih besar seiring berjalannya waktu.
  • Infeksi umumnya akan mulai muncul pada telapak tangan dan mungkin juga menyebar ke jari-jari dan punggung tangan Anda.
  • Area yang terinfeksi tinea akan terasa gatal, merah, dan memiliki tampilan bersisik.
  • Area yang terinfeksi juga dapat mengelupas.

Pengobatan dan Pencegahan

Sama seperti penyakit jamur kulit lain, Tinea Manum dapat di obati dengan menggunakan sejumlah obat topikal yang dijual bebas. Jika obat topikal tak maksimal, disarankan untuk segera memeriksakan ke dokter. Dan biasanya dokter akan meresepkan obat antijamur oral untuk mengatasinya. Sebagian besar tinea manum bisa disembuhkan dengan perawatan yang tepat dalam waktu kurang lebih satu bulan.

Selain itu, untuk mencegah agar terhindar dari Tinea manum, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan :

  • Membersihkan dan mengeringkan tangan, terutama jika Anda sering memakai sarung tangan
  • Hindari kontak dengan penderita infeksi tinea
  • Jika Anda menderita tinea pada bagian lain tubuh, hindari menggores atau menggaruk bagian ini dengan tangan
  • Gunakan sarung tangan sekali pakai saat merawat area tubuh lain yang terinfeksi untuk menghindari penyebaran tinea ke tangan Anda.
  • Hentikan pemakaian peralatan pribadi seperti handuk atau lap tangan secara bersamaan untuk mencegah penularan.

Related Posts---

Leave A Reply---

WhatsApp Kami