Tinea Nigra Palmaris

tinea nigra palmaris - Tinea Nigra Palmaris

Definisi

Apa itu Tinea Nigra Palmaris?

Tinea Nigra Palmaris adalah penyakit infeksi jamur superfisial yang menyerang telapak kaki dan tangan dengan menimbulkan gambaran khas berupa warna coklat kehitaman pada kulit. Namun pada beberapa kasus lain, penyakit ini juga ternyata diketahui dapat menyebar ke area lain dari tubuh, seperti leher atau dada. Penyakit ini biasanya lebih menyasar ke anak-anak baik pria maupun wanita khususnya daerah tropis beriklim panas namun dengan kelembapan tinggi seperti Amerika Selatan dan Tengah.

Penyebab

Infeksi ini disebabkan oleh jamur yang sebelumnya diklasifikasikan sebagai Exophiala werneckii, tetapi yang lebih baru diklasifikasikan sebagai Hortaea werneckii. Namun belakangan diketahui dikarenakan oleh Cladosporium Werneckii.

Tanda dan Gejala

Biasanya, orang yang terserang penyakit Tinea Nigra Palmaris ini akan mengalami bintik-bintik hitam kecoklatan pada telapak tangan atau kaki yang makin lama makin membesar hingga mencapai ukurang uang logam. Kadang-kadang pada area tersebut terasa nyeri bahkan gatal. Selain itu, lingkungan yang kotor dengan udara lembab dan panas mempermudah penyebaran penyakit.

Pengobatan

Untuk kasus ringan, dapat menggunakan obat non-resep (krim, salep kulit, atau bedak antijamur). Namun, pasien harus menggunaan krim anti jamur yang diresepkan oleh dokter. Anda harus melanjutkan perawatan dengan obat ini dalam waktu 7 hari setelah daerah yang terinfeksi sembuh.