Tiroid

Tiroid 

Penyebab Penyakit Tiroid

Kadar hormon tiroid yang terlalu tinggi atau terlalu rendah yang terjadi dalam sebagian besar kasus penyakit tiroid, dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti:

  • Masalah pada kelenjar hipofisis atau hipotalamus di otak.
  • Kelenjar tiroid yang rusak, misalnya karena pajanan radiasi.
  • Pengaruh obat yang mengandung litium (Li).
  • Operasi pengangkatan kelenjar tiroid.
  • Kadar iodin yang berlebihan dalam tubuh.

Penyakit tiroid yang umum ditemukan di antaranya adalah:

  1. Hipotiroidisme adalah kondisi ketika jumlah hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid terlalu sedikit, sehingga tubuh mengalami defisiensi.
  2. Hipertiroidisme adalah keadaan di mana kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan dalam tubuh disebut hipertiroidisme.
  3. Penyakit Gondok adalah pembengkakan kelenjar tiroid yang terlihat sebagai benjolan di leher.
  4. Nodul tiroid adalah benjolan padat atau berisi air yang terbentuk dalam kelenjar tiroid.

Diagnosa

Mendiagnosis gangguan tiroid pada orang ini memang tidaklah mudah.

Pertama yang akan dokter lakukan adalah mengecek riwayat penyakit kita terlebih dahulu. Apa saja gejala yang kita keluhkan dan apakah mungkin memiliki riwayat keluarga dengan gangguan tiroid.

Setelah melalui pemeriksaan riwayat penyakit, dokter akan mulai melakukan pemeriksaan fisik, mulai dari leher ke seluruh tubuh kita. Jika ditemukan tanda-tanda tiroid, akan dilakukan test USG untuk melihat bentuk gangguan tiroid yang terjadi.

Penanganan

Jika termasuk tiroid jinak, perlu dilakukan observasi terlebih dulu, apakah mengganggu dan ukurannya semakin besar atau tidak. Karena biasanya tiroid jinak akan tetap dan tidak berubah bentuknya.

“Jika tidak, sebaiknya jangan dilakukan pembedahan, karena setelah dibedah, akibatnya kita akan menderita kekurangan hormon tiroid, sehingga harus rutin mengonsumsi hormon tiroid sintesis.

Namun biasanya para wanita tentu lebih mementingkan penampilan. Alhasil untuk memperoleh leher yang cantik, mereka pun tidak segan menghilangkan tiroid jinak ini.

Selain itu, jika tiroid ini bukan tiroid jinak dan bisa semakin membesar, biasa dokter akan menyarankan untuk melakukan perawatan radioaktif iodid, pemberian obat anti-tiroid, hingga operasi.

Punya Keluhan Penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022

Related Posts---

Leave A Reply---