Torsio Testis

Torsio Testis

torsio testis - Torsio Testis

Torsio testis adalah kondisi di mana testis terbelit tali-tali kristal. Testis adalah bagian dari kelenjar reproduksi pria yang terletak di dalam skrotum. Testis berfungsi untuk produksi dan penyimpanan sperma, juga terlibat dalam sistem endokrin untuk memproduksi hormon testosteron. Testis menggantung di tempatnya berkat tali-tali kristal. Di samping fungsi tersebut, kristal pengikat juga mengandung pembuluh darah dan saraf ke testis juga ke saluran endokrin lain seperti saluran sperma.

Belitan oleh tali-tali kristal memotong suplai darah ke dalam testis. Apabila terus terbelit, testis akan terluka dan mungkin dapat terjadi necrosis. Torsio testis dapat terjadi tiba-tiba tanpa alasan atau karena cedera.

Gejala-gejala dari torsio testis termasuk:

  • Perasaan sakit yang intens yang tiba-tiba pada skrotum
  • Pembengkakan skrotum
  • Sakit perut
  • Mual dan muntah.
  • Posisi testis lebih tinggi dari biasanya atau sudut rotasinya tak seperti biasa
  • Rasa sakit
  • Demam

Torsio testis jarang terjadi, hanya sekitar 1 dari 5000 orang mengidap kondisi ini. Torsio testis dapat terjadi pada usia berapapun namun paling sering pada pria muda berusia 12 hingga 20 tahun dan juga umum terjadi pada bayi-bayi yang baru lahir.

Penyebab Torsio Testis

Pada fetus, testis mulai berkembang di dalam perut. Seiring dengan perkembangan fetus, testis mulai bergerak ke bawah hingga akhirnya berada di dalam scrotum.

Testis menempel pada abdomen dengan ikatan kristal dan terpasang pada jaringan yang mengelilinginya. Terkadang ikatan terlalu longgar dan testis malah menggantung pada saluran sperma.

Torsi lebih umum terjadi pada orang-orang yang memiliki masalah dengan jaringan pada area ini. Pada beberapa kasus, tumor yang berdaging dapat menyebabkan testis berubah dari posisi normal yang kemudian membuat ikatan terbelit.

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko torsi testis, di antaranya:

  • Usia remaja 12 hingga 16 lebih berisiko terkena kondisi ini
  • Apabila Anda pernah mengalami torsio testis dan torsi hilang tanpa pengobatan, Anda memiliki risiko lebih tinggi.
  • Riwayat keluarga mengidap torsio testis

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Related Posts---

Leave A Reply---

WhatsApp Kami