Ulkus Genital

Pengertian

Ulkus vulva akutum adalah kondisi klinis langka yang ditandai dengan adanya ulkus genital akut multipel yang tidak berasal dari kelamin yang berhubungan dengan malaise, demam, dan gejala sistemik lainnya pada wanita muda.

Ulkus ini biasanya sembuh secara spontan tetapi cenderung bertahan selama beberapa minggu dan meninggalkan beberapa jaringan parut.

Apa Itu Ulkus Genital

Ulkus genital adalah salah satu gejala pada infeksi menular seksual (IMS) yang selama perjalanan penyakitnya ditemukan adanya lesi ulseratif/ ulkus/ tukak atau borok.

Adanya lesi ulseratif di genital akan meningkatkan 5-10 kali risiko transmisi HIV-AIDS.

Infeksi menular seksual yang dapat bermanifestasi sebagai ulkus genital adalah: Sifilis(Ulkus Durum), Ulkus mole (chancroid), Herpes simpleks genitalis (herpes genitalis)

Faktor Penyebab

Penyebab ulkus sindrom yang menyusahkan ini masih belum diketahui, meskipun beberapa agen infeksi telah dikaitkan dengan penyakit ini. Diagnosis sulit dan umumnya dibuat dengan pengecualian. Kami menggambarkan kasus remaja perempuan dengan ulcus vulvae acutum yang berhubungan dengan infeksi mononukleosis.

Selain infeksi, ulkus kelamin dapat disebabkan oleh:

1. Penyakit peradangan, seperti penyakit Crohn, sindrom Behcet, dan sindrom Steven-Johnson.
  2. Cedera
  3. Reaksi terhadap produk perawatan kulit.
  4. Efek samping obat, seperti obat antiradang dan hydroxyurea.

Diagnosa

Pemeriksaan genital mengungkapkan edema vulva, dua lesi ulserasi labia mayora dua-tiga sentimeter bilateral dengan puing-puing fibrin di bagian bawah dan tepi hiperemik serta ulkus lain yang berdiameter lebih kecil dari satu sentimeter di tingkat komisura labial.

Tidak ada terapi antibiotik yang diberikan tetapi pengobatan lokal dengan emolien dan analgesik dilakukan. Resolusi spontan dari penyakit lokal terjadi setelah 20 hari. Setelah berobat, pasien kemudian dirawat di Dokter THT untuk pengobatan sakit tenggorokan persisten pada tonsilitis nekrotik dengan disfagia sebagai konsekuensi dari mononukleosis. Untuk pasien ini akan menerima terapi kortikosteroid dan antibiotik.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718