fbpx

Uretritis Gonore : Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Uretritis Gonore : Penyebab, Gejala dan Pengobatan

uretritis gonore - Uretritis Gonore : Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Pengertian Uretritis Gonore?

Uretritis Gonore adalah kondisi yang terjadi ketika uretra (saluran yang membawa urine alias air kencing dari kandung kemih ke luar tubuh) Anda terinfeksi bakteri penyebab gonorea. Biasa nya penyakit ini tertular dan menyebar melalui hubungan seks bebas dan bisa menyerang pria dan wanita di segala usia. Pada umumnya, orang yang memiliki riwayat penyakit gonorea dan melakukan seks tidak aman dengan penderita gonorea lebih rentan terjangkit penyakit ini.

Penyebab

Uretritis gonorea adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri gonorea neisseria yang menyebabkan gonorea. Seks tanpa kondom dan gonta-ganti pasangan seks akan meningkatkan risiko bakteri menyebar dari orang yang terinfeksi dan menjadi penyebab utama penyakit ini.

Gejala dan Tanda

Biasanya orang yang terserang penyakit Uretritis Gonorea ini akan mendapati beberapa hal berikut terjadi pada dirinya.

  • Nyeri saat buang air kecil atau saat berhubungan seks
  • Darah dalam urine
  • Demam
  • Rasa sakit di bawah perut
  • Keputihan dan vagina berbau tidak sedap
  • Kelenjar getah bening di panggul bengkak

Pengobatan

Biasanya, dokter akan memeriksa berdasarkan sejarah medis dan melihat saluran kandung kemih, anus, dan kelamin bagian luar. Dokter akan mengambil sampel cairan dari saluran kandung kemih untuk mendiagnosis penyakitnya. Pasien wanita akan dicek di bagian panggul. Jika uretritis gonorea selesai didiagnosis, dokter akan melakukan tes apakah ada infeksi pada pasangan seks Anda.

Kemudian dokter akan memberikan resep obat antibiotik untuk mengatasi infeksi. Obat pencegah (seperti acetaminophen, ibuprofen) atau mandi air hangat bisa mengurangi rasa sakit. Anda sebaiknya minum air yang banyak, khususnya jus buah untuk meningkatkan asam di urine. Urine yang mengandung asam dapat mengurangi penyebaran infeksi.

Selain itu anda juga perlu melakukan beberapa hal berikut untuk mencegah penyakit ini menyebar dan menular kepada orang disekitar anda.

  1. Sering mencuci tangan untuk menghindari penyebaran
  2. Melakukan seks yang aman dengan menggunakan kondom
  3. Tidak melakukan hubungan seks sampai sembuh

Dan apabila setelah melakukan konsultasi dan pengobatan gejala diatas masih terus berlanjut sebaiknya anda kembali ke dokter dan meminta penanganan medis ekstra.

Related Posts---

Leave A Reply---

WhatsApp Kami