Vagina Gatal dan Bau, Apakah Gejala Trikomoniasis?

vagina gatal dan bau apakah gejala trikomoniasis - Vagina Gatal dan Bau, Apakah Gejala Trikomoniasis?

Trikomoniasis adalah penyakit infeksi pada alat kelamin yang disebarkan melalui hubungan seksual. Penyakit ini dapat menyerang pria atau pun wanita, namun wanita lebih rentan tertular. Pria dapat terjangkit penyakit ini dan menularkannya kepada pasangan melalui hubungan seks Trikomoniasis adalah penyakit infeksi pada alat kelamin yang disebarkan melalui hubungan seksual.

Trikomoniasis disebabkan oleh parasit yang disebut Trichomonas vaginalis (TV). Tidak semua pengidapnya akan mengalami gejala. Sekitar setengah dari mereka yang terinfeksi parasit ini tidak mengalami gejala apa pun.

Oleh karena itu, kebanyakan wanita yang memiliki parasit ini tidak mengetahui mereka telah terinfeksi. Jikapun muncul, gejala trikomoniasis bisa tampak mulai dari lima hingga 28 hari atau bahkan beberapa bulan setelah paparan pertama dengan parasit.

Gejala pada wanita dapat mencakup:

1. Keputihan Abnormal – berbusa, berwarna kuning kehijauan, dan berbau busuk atau amis; mungkin juga mengandung darah.

2. Nyeri saat buang air kecil dan/atau sering buang air kecil.

3. Sakit saat seks

4. Iritasi vagina — mungkin terasa sakit, perih, gatal, bengkak

5. Nyeri di bagian bawah perut (jarang)

Namun demikian, sejumlah pertanda ini juga umum muncul di banyak kondisi kesehatan lainnya. CDC menambahkan bahwa gejala juga mungkin datang dan pergi.

Sedangkan gejala yang bisa dialami oleh pria meliputi:

• Frekuensi buang air kecil lebih sering dari biasanya, dan disertai rasa sakit.
  • Muncul cairan putih dari Mr P.
  • Muncul rasa sakit, bengkak, dan kemerahan di area ujung Mr P bahkan dapat muncul saat ejakulasi.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko infeksi trikomoniasis:

• Tidak berganti-ganti pasangan.
  • Gunakan kondom saat berhubungan intim agar terhindar dari penyakit menular seksual.
  • Pastikan alat/mainan seks yang digunakan bersih dan terbungkus kondom dan hindari berbagi alat/mainan seks dengan orang lain.
  • Jika curiga telah terinfeksi, hentikan berhubungan seksual dan langsung hubungi dokter untuk menjalani pemeriksaan.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022