Vaginismus

Vaginismus

vaginismus 

Apa itu vaginismus

Vaginsmus adalah gangguan otot vagina yang menyebabkan ketidaknyamanan, rasa terbakar, nyeri, masalah penetrasi, atau ketidakmampuan total untuk memungkinkan penetrasi vagina. Penetrasi ini mungkin termasuk hubungan seksual, pemeriksaan medis tertentu.

Ini disebabkan oleh refleks otot pubococcygeus, dimana otot ini terletak di ujung bawah vagina. Refleks menyebabkan vagina mengencang secara tiba-tiba dan dengan demikian membuat penetrasi menjadi tidak mungkin atau sangat menyakitkan. Seorang wanita yang menderita vaginismus tidak dapat mengontrol tingkat reaksi refleks. Tingkat keparahan kondisi akan bervariasi di antara wanita. Sebuah lingkaran dengan cepat terbentuk, di mana cepat berulang yang terus menerus pada penetrasi memperburuk kejang otot dan tingkat vaginismus menjadi lebih ekstrim.

Gejala

Gejala-gejala vaginismus dapat bervariasi tingkat keparahannya. Gejala-gejala umum dari vaginismus biasanya meliputi:

  1. Penetrasi yang terasa sakit (dispareunia) dengan vagina yang perih atau mengencang sehingga menyebabkan rasa sakit
  2. Kesulitan atau tidak dapat melakukan penetrasi
  3. Rasa sakit seksual jangka panjang dengan atau tanpa penyebab yang diketahui
  4. Rasa sakit saat memasang tampon
  5. Rasa sakit saat pemeriksaan ginekologis.
  6. Kejang otot atau berhenti bernapas saat mencoba penetrasi.

Vaginismus tidak memiliki penyebab yang jelas. Namun, beberapa faktor fisik dan non-fisik dapat berkontribusi pada kelainan ini. Pada beberapa kasus yang serius, kombinasi hal-hal berikut dapat menyebabkan vaginismus.

Faktor penyebab

  1. Penyebab non-fisik dapat meliputi
    Ketakutan atau antisipasi terhadap rasa sakit saat berhubungan, ketakutan akan kerobekan, takut hamil, dll Gelisah atau stress
  2. Isu pada pasangan
    Kekerasan, menjauh secara emosional, ketidakpercayaan, kecemasan terhadap perasaan menderita, kehilangan kendali, dll
  3. Kejadian traumatis
    Pemerkosaan, sejarah kekerasan Pengalaman masa kecil: cara didik, paparan terhadap gambar seksual Tanpa penyebab: kadang, tidak ada penyebab khusus.
  4. Penyebab fisik dapat meliputi
    Kondisi medis Persalinan Perubahan yang terkait usia Rasa tidak nyaman sementara Trauma pada pelvis Sejarah kekerasan Efek samping pengobatan.

Pencegahan

Pertama hal terpenting untuk ditekankan bahwa ini adalah masalah yang dapat diobati, dengan tingkat keberhasilan yang sangat tinggi jika ditangani dengan baik dan benar. Pengobatan akan ditetapkan secara individual karena alasan untuk mengembangkan kondisi akan bervariasi dari pasien ke pasien. Awalnya kita perlu menentukan apakah penyebabnya adalah psikologis atau fisik. Hal ini akan dilakukan dengan anamnesa secara menyeluruh dan pemeriksaan fisik. Mereka yang didiagnosis memiliki masalah psikologis dapat dirujuk ke konselor atau psikiater yang memenuhi syarat jika diperlukan. Seringkali ini adalah masalah yang berhasil diatasi oleh wanita itu sendiri, baik dengan dukungan pasangannya atau tidak.

Dasar pengobatan ketika penyebab fisik adalah langkah yang dapat dengan mudah diselesaikan oleh wanita dengan kecepatannya sendiri dalam privasinya sendiri, atau sama di bawah pengawasan terapis seksual yang direkomendasikan oleh dokter Anda.

Punya Keluhan Penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Telepon/WhatsApp: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 2022

Related Posts---

Leave A Reply---