fbpx

Vaksinasi Hepatitis

Vaksinasi Hepatitis

vaksinasi hepatitis - Vaksinasi Hepatitis

 

Vaksin Hepatitis adalah obat antigenik yang disuntikkan untuk penderita penyakit peradangan yang terjadi di hati. Vaksin ini bertujuan untuk sistem imun ataupun kekebalan tubuh seseorang dari penyakit.
Secara umum terdapat empat jenis vaksin yang sebaiknya dilakukan orang dewasa (berusia di atas 18 tahun).

1. Vaksin Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan virus yang menyerang liver dan menyebar lewat kontak oral dan lingkungan yang tidak bersih. Vaksin Hepatitis A akan membantu tubuh memproduksi antibodi untuk bertahan dari gempuran penyakit ini.

2. Vaksin Hepatitis B

Penyakit ini hampir sama dengan hepatitis A. Namun penyakit ini menular lewat transfusi darah, hubungan seksual, dan penggunaan barang pribadi bersama. Penyakit ini juga bisa menular dari ibu hamil ke janin. Pada janin yang lahir dengan ibu hepatitis B, akan segera disuntik vaksin sehingga antibodi dalam tubuhnya bisa segera terbentuk.  Vaksin ini diberikan tiga kali dengan jarak 1 dan 6 bulan. Vaksin hepatitis B merupakan salah satu imunisasi wajib yang perlu dilakukan orangtua pada anaknya yang baru lahir.Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada bayi prematur, yaitu:

  • Kekuatan kekebalan tubuh pasif melalui penularan secara maternal pada bayi prematur lebih rendah dibandingkan dengan bayi yang cukup bulan.
  • Apabila berat badan bayi sangat kecil, yakni kurang dari 1.000 gram, imunisasi diberikan setelah berat badan pada bayi mencapai 2.000 gram atau saat bayi berumur 2 bulan.
  • Imunisasi hepatitis B1 diberikan pada umur 2 bulan atau lebih, kecuali jika ibu memiliki HBsAg positif.

Hepatitis A dan vaksin hepatitis B tidak akan melindungi Anda terhadap infeksi hepatitis C atau E, atau virus lain yang mempengaruhi hati. Hal ini juga tidak akan melindungi Anda dari hepatitis A atau B jika Anda sudah terinfeksi virus, bahkan jika Anda belum menunjukkan gejala.

Anda tidak harus menerima vaksin ini jika Anda alergi terhadap ragi atau neomycin (Mycafradin, Neo-Fradin, Neo-Tab), atau jika Anda pernah mengalami reaksi alergi yang mengancam nyawa terhadap vaksin apapun yang mengandung hepatitis A atau hepatitis B.

Terinfeksi hepatitis A atau B jauh lebih berbahaya bagi kesehatan Anda daripada menerima vaksin untuk melindungi terhadap penyakit ini. Seperti obat lainnya, vaksin ini dapat menyebabkan efek samping, tetapi risiko efek samping yang serius sangat rendah.

Sebelum menerima vaksin ini, beritahu dokter jika Anda memiliki:

  • Multiple sclerosis
  • Gangguan pendarahan atau gangguan pembekuan darah seperti hemofilia atau mudah memar
  • Riwayat kejang
  • Alergi terhadap karet lateks
  • Sistem kekebalan tubuh lemah disebabkan oleh penyakit, transplantasi sumsum tulang, atau dengan menggunakan obat-obatan tertentu atau sedang dalam pengobatan kanker
  • Jika Anda mengkonsumsi pengencer darah seperti warfarin (Coumadin)

Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu efek samping yang serius:

  • Demam, sakit tenggorokan, dan sakit kepala dengan terik parah, mengupas, dan ruam kulit merah
  • Detak jantung cepat atau berdebar
  • Mudah memar atau perdarahan

Efek samping yang kurang serius termasuk:

  • Kemerahan, nyeri, bengkak, atau benjolan keras di mana tembakan itu diberikan
  • Sakit kepala, perasaan lelah
  • Demam ringan
  • Meler atau hidung tersumbat, sakit tenggorokan, gejala flu lainnya; atau
  • Mual, muntah, kehilangan nafsu makan, diare.

Vaksin ini diberikan dalam bentuk suntikan (injeksi) ke dalam otot. Anda akan menerima injeksi ini di klinik.Vaksin hepatitis A dan hepatitis B diberikan dalam serangkaian suntikan. Suntikan penguat kadang-kadang diberikan 1 bulan dan 6 bulan setelah suntikan pertama.Jika Anda memiliki risiko tinggi infeksi hepatitis, Anda mungkin akan diberi 3 suntikan dalam waktu 30 hari dari satu sama lain, dan suntikan keempat 12 bulan setelah yang pertama.

Punya Keluhan penyakit? Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tlp/WA: 0811-6131-718

Subscribe Youtube: Klinik Atlantis

KLINIK ATLANTIS
Alamat: Jalan Williem Iskandar ( Pancing ) Komplek MMTC Blok A No. 17-18, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Sumatera Utara 20223

Related Posts---

Leave A Reply---

WhatsApp Kami