Waspadai Mycoplasma Genitalium (MG), Penyakit Kelamin Yang Bisa Sebabkan Kemandulan

Waspadai Mycoplasma Genitalium (MG), Penyakit Kelamin Yang Bisa Sebabkan Kemandulan

mycoplasma genitalium - Waspadai Mycoplasma Genitalium (MG), Penyakit Kelamin Yang Bisa Sebabkan Kemandulan

Definisi

Apa itu Mycoplasma Genitalium?

Mycoplasma Genitalium (MG) adalah bakteri yang menyerang sistem reproduksi baik pada pria dan wanita. Sekilas penyakit ini hampir mirip dengan penyakit seks umum yang dialami masyarakat. Akan tetapi, penyakit ini mampu menyebar dengan sangat mudah melalui sentuhan seksual atau bisa juga hanya dengan menggosok-gosokkan alat kelamin ke pasangan. Berdasarkan keterangan ahli dunia kesehatan, MG pertama kali ditemukan pada awal 1980-an Amerika dan Inggris serta kemunculannya selalu terjadi pada saat musim panas sehingga gangguan ini sering disebut sebagai wabah musim libur. Salah satu efek yang akan ditimbulkan oleh MG adalah kemandulan pada wanita. Pada pria efeknya hanya sebatas rasa sakit pada saluran kemih.

Penyebab

Mycoplasma genitalis adalah penyakit asal bakteri, yang penyebab utamanya adalah penularan bakteri mycoplasma genitalium melalui kontak seksual. Penyakit ini dapat ditularkan baik secara vaginal maupun anali atau bahkan secara oral, mampu menginfeksi tidak hanya jaringan genital tetapi juga pharynx atau anus. Selain itu, bisa juga menyebar setelah menyentuh alat kelamin orang yang terinfeksi dengan tangan mereka.

Tanda dan Gejala

  • Pada pria : Tanda dari MG terlihat dengan jelas setelah infeksi terjadi. Pria akan sering merasakan sakit pada saluran kencing. Rasa sakit yang disertai juga dengan rasa panas ini muncul saat buang air kecil. Selain itu pria juga sering sakit saat mengalami ejakulasi atau saat ereksi. Tanda yang diperlihatkan pada pria mirip sekali dengan klamidia. Namun, sekilas ada perbedaan pada kemampuannya dalam merespons obat. Kalau klamidia, antibiotik tradisional bisa digunakan untuk mengobati, tapi kalau MG tidak bisa karena resisten.
  • Pada wanita : Tanda MG pada wanita juga mirip sekali saat mereka mengidap klamidia. Area panggul akan mengalami infeksi, terjadi perdarahan di antara siklus menstruasi, demam tinggi secara tidak normal, dan adanya cairan berbau busuk yang keluar seperti keputihan patogen. Cara termudah untuk mengetahui apakah wanita mengalami gangguan MG atau karena klamidia, obat klamidia akan diberikan. Kalau respons terhadap obat tidak ada kemungkinan MG cukup besar sehingga wanita disarankan untuk melakukan perawatan lebih lanjut.

Pengobatan dan Pencegahan

MG harus segera ditangani dengan baik agar tidak menimbulkan efek yang lebih serius yaitu dengan mengkonsumsi antbiotik. Setelah itu, perlu dilakukan beberapa tes dan analisis medis untuk memeriksa apakah bakteri telah hilang atau belum. Untuk mencegah agar tidak terinfeksi, adalah dengan menggunakan kondom. Namun akan lebih baik menghentikan hubungan seks selama dalam masa penyembuhan.

Related Posts---

Leave A Reply---

WhatsApp Kami